• KANAL BERITA

Pelatih Lawn Bowls Tak Pernah Bayangkan Atletnya Bisa Raih Medali

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com -  Tim lawn bowls Indonesia sukses menempati urutan kedua perolehan medali cabang lawn bowls Asian Para Games (APG) 2018 setelah membukukan lima emas, empat perak dan enam perunggu. Juara umum diraih Korea dengan catatan tujuh emas, satu perak dan satu perunggu. Posisi ketiga ditempati Hongkong dengan torehan tiga emas, empat perak dan dua perunggu.

Pelatih lawn bowls Indonesia, Nur Islahuzzaman tak menyangka anak asuhannya bisa menyabet emas sebanyak ini. Sebab, awalnya Indonesia hanya ingin memeriahkan saja mengingat lawan yang dihadapi di ajang tersebut memiliki level dunia.

"Saya tak pernah membayangkan bisa dapat medali, perunggu sekalipun. Tapi kita malah dapat lima emas. Perolehan ini justru ujian buat saya. Ujian berat karena harus mempertahankan pada event ke depan. Tidak mudah untuk mempertahankannya," ujar Islahuzzaman usai pertandingan hari terakhir cabang lawn bowls di Lapangan Hoki Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Jumat (12/10).

Dia mengemukakan, kunci keberhasilan para atlet lawn bowls Indonesia adalah bermain lepas menghadapi semua lawan yang memiliki kualitas lebih bagus. Bahkan, Julia Verawati dan kawan-kawan diminta tidak memikirkan bonus, tapi fokus ke semua laga. "Kami juga membangun kekeluargaan di antara pemain. Jika ingin refreshing misalnya, semua saya ajak. Jika ada satu tak ikut, maka tidak ikut semua," terangnya.

Setelah Asian Para Games, pihaknya belum memiliki agenda akan mengikuti kejuaraan apa. Islahuzzaman bersama para atlet akan beristirahat terlebih dulu usai APG. "Tapi kalau mau, ada kejuaraan di Thailand pada Desember mendatang. Entah mau ikut atau tidak, belum bisa kami pastikan," terangnya.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)