• KANAL BERITA

Indonesia Tambah Dua Emas dari Cabang Sepeda Gunung

Sri Wahyuni Sabet Medali Perak Angkat Besi

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SUBANG, suaramerdeka.com - Perolehan medali emas Indonesia pada Asian Games kembali bertambah dari cabang sepeda gunung. Emas pertama dari cabang ini dipersembahkan Tiara Andini Prastika.

Berlomba di Khe Bun Hill Subang, Senin (20/8) siang WIB, Tiara Andini menjadi yang tercepat dengan waktu dua menit 33,056 detik. Dia mengalahkan pebalap Thailand, Vipavee Deekaballes dengan selisih waktu 9,598 detik. Atlet Thailand itu berhak dapat medali perak

Pada nomor ini, Indonesia juga menyabet perunggu atas nama Nining Purwaningsih yang catatan waktunya 9,608 detik lebih lambat dari Tiara. Sementara dari nomor Downhill Putra, Indonesia juga menyabet emas setelah Khoiful Mukhib menjadi yang terbaik.

Dia sukses membukukan catatan waktu dua menit 16,687 detik sekaligus mengungguli Chiang Shengshan (Taiwan) dan Suebsakun Sukchanya (Thailand). Pada kesempatan yang sama Popo Ario Sejati, atlet Indonesia lain yang juga turun bertanding, dinyatakan DNF setelah tidak berhasil finis akibat terjatuh.

Dari cabang angkat besi, Indonesia sukses menyabet medali perak melalui lifter andalannya, Sri Wahyuni. Pada pertandingan di Hall A JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (20/8) sore WIB, Sri Wahyuni  mencatatkan total angkatan 195 kg (Snatch 88 kg, Clean and Jerk 107 kg).

Medali emas sendiri direbut lifter Korea Utara Ri Song Gum yang punya total angkatan 199 kg (Snatch 87 kg, Clean and Jerk 112 kg). Sementara medali perunggu angkat besi 48 Kg putri diraih oleh lifter Thailand Thunya Sukcharoen yang mencatatkan total angkatan 189 kg.

Dengan hasil tersebut Sri Wahyuni membuat Indonesia kini mengoleksi dua medali perak, dengan medali perak lain diraih Marvelo Edgar Xavier (wushu). Selain itu Indonesia juga sudah meraih empat medali emas dan satu perunggu.

Dengan hasil ini, Indonesia untuk sementara menempati peringkat tiga dalam klasemen perolehan medali dengan empat emas, dua perak dan satu perunggu. Peringkat pertama ditempati Tiongkok dengan 11 emas, lima perak dan empat perunggu, disusul Jepang dengan empat emas, enam perak dan lima perunggu


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)