• KANAL BERITA

Ngargoyoso Diusulkan Jadi Arena Paralayang Dunia

Kemenpora Siap Mendukung

TROI SERI 2: Peserta kejuaraan paralayang Trip of Indonesia (Troi) Seri 2 mengendalikan parasutnya untuk persiapan landing di kawasan bukit Kemuning Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jumat (3/8). (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
TROI SERI 2: Peserta kejuaraan paralayang Trip of Indonesia (Troi) Seri 2 mengendalikan parasutnya untuk persiapan landing di kawasan bukit Kemuning Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jumat (3/8). (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Bukit Kemuning di kawasan Ngargoyoso, Karanganyar, bakal terus ditata untuk venue paralayang. Bupati Juliyatmono pun berharap, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bisa mengusung agenda kejuaraan dunia paralayang ke lereng Gunung Lawu tersebut.

"Kami meminta Menpora melalui Pak Asdep, Pak Teguh Raharjo, agar 2019 event paralayang dunia ada di Ngargoyoso. Kami akan benahi fasilitas pendukungnya, seiring dengan pengembangan wisata,’’ kata dia pada pembukaan kejuaran paralayang Trip of Indonesia (Troi) Seri 2 di Kemuning, Jumat (3/8).

Teguh Raharjo, Asdep Pemberdayaan Olahraga Rekreasi pada Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora menyebut, usulan tersebut bukan tidak mungkin dapat diwujudkan. Sebab Troi yang digelar lima seri dalam satu tahun, memang ditujukan untuk memajukan potensi wisata sekaligus olahraga di berbagai daerah.

"Kami akan koordinasikan terus dengan Pak Bupati, apa-apa saja yang nanti bisa kami dukung untuk mewujudkannya. Kalau memungkinkan, ada perhatian lebih berkait penambahan fasilitas dan akses ke lokasi ini," ujar Teguh saat dicegat wartawan.

Troi merupakan program kegiatan Kemenpora bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan pemerintah daerah setempat. Ajang olahraga dirgantara tersebut digelar lima seri dalam setahun di berbagai daerah di Tanah Air.

Turut hadir pada pembukaan event tersebut antara lain Ketua Umum KONI Jateng Subroto, Ketua Umum KONI Karanganyar Suprapto dan ketua Umum KONI Surakarta Gatot Sugihartono. Usai seremoni, Bupati Juliyatmono dan beberapa pejabat Muspida Karanganyar bahkan ikut terjun tandem. "Ternyata enak juga terbang dengan paralayang," katanya usai mendarat.

Ajang yang diikuti ratusan atlet paralayang tersebut diawali dengan atraksi kegiatan olahraga masyarakat, seperti senam poco-poco massal, skate board dan free style sepeda BMX.


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)