• KANAL BERITA

Timnas Sepak Takraw Target Raih Emas di Asian Games

TES EVENT: Atlet Timnas sepak takraw menerima medali emas tes event road to Asian Games 2019 di Palembang, belum lama ini. (suaramerdeka.com / dok)
TES EVENT: Atlet Timnas sepak takraw menerima medali emas tes event road to Asian Games 2019 di Palembang, belum lama ini. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tim nasional sepak takraw putra dan putri ditargetkan bisa meraih emas dalam Asian Games 2018. Sebelumnya, timnas sepak takraw ini juga sudah melewati kompetisi test event Asian Games dan berhasil mendulang emas di nomor quadrant dan double event pada cabang sepak takraw putra dan putri.

Pelatih Timnas Sepak Takraw 2017, Tri Aji mengatakan, emas yang didapatkan saat test event diharapkan bisa menjadi satu amunisi untuk menambah semangat dan daya juang para atlit pada event akbar tersebut dan berhasil masuk final.

"Sebagai tuan rumah dengan dukungan suporter yang luar biasa akan menjadi faktor psikologis para pemain lebih percaya diri untuk meraih kemenangan dengan semangat dan daya juang yang tinggi," papar Tri Aji yang juga Wakabid Pembinaan Prestasi KONI Jateng tersebut, Senin (16/7).

Dijelaskan, menghadapi test event sebelumnya cukup membuat was-was mengingat terbatasnya waktu persiapan dan belum terkondisikannya para atlit untuk ''Pelatnas''. Namun dengan sistem pelatihan melalui instruksi dan pengawasan dari jauh karena beberapa atlet berbeda kota dan pulau terlihat mereka masih prima dalam permainan.

Persiapan dilakukan tiga hari sebelum pertandingan dengan latihan fisik, kekompakan dan strategi dari pelatih untuk mengatur susunan pemain. Peluang itu muncul juga karena ada salah satu nomor di cabang sepak takraw yang tidak diikuti oleh Thailand sehingga ini menjadi kesempatan bagi timnas sepak takraw Indonesia untuk berpotensi mendapatkan emas.

"Saya mengharapkan ada dua pemain dari Jawa Tengah Victoria Eka dan Dini Mitasari yang merupakan atlet andalan Jawa Tengah ikut tampil dalam Asian Games," katanya.

Tim Indonesia sendiri diperkuat oleh sembilan perwakilan daerah yakni Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Gorontalo, Riau dan Sulawesi Selatan.


(Modesta Fiska/CN26/SM Network)