• KANAL BERITA

Sprinter Indonesia Sabet Emas Kejuaraan Dunia Atletik U-20

Foto: Stephen Pond/Getty Images for IAAF
Foto: Stephen Pond/Getty Images for IAAF

TAMPERE, suaramerdeka.com - Prestasi gemilang ditorehkan sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri usai meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 pada nomor lari 100 meter putra. Emas direngkuhnya usai finis terdepan dalam lomba yang dilangsungkan di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Meraih waktu 10,18 detik, sprinter berusia 18 tahun itu mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatat waktu 10,22 detik. Torehan Lalu menjadi sejarah baru dalam dunia atletik Indonesia.

Sebelumnya, prestasi terbaik atlet Indonesia di nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 adalah finis kedelapan di babak penyisihan pada 1986. Lalu juga mempertajam catatan waktu terbaiknya (personal best).

"Saya sangat gembira dengan catatan waktu terbaik saya dan rekor junior nasional. Sekarang, saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga. Ini adalah sebuah pengalaman luar biasa dan ini sangat bagus untuk karier saya," kata Lalu Muhammad Zohri di situs resmi Federasi Atletik Dunia (IAAF).

Lalu merupakan atlet pelatnas atletik yang dipoles di Jakarta di bawah naungan PB PASI sejak Januari 2018. Menurut pelatih pelatnas atletik yang menangani lari jarak pendek putra, Eni Nuraeni, Lalu Muhammad Zohri memiliki keunggulan pada ototnya, serta didukung bakat alam. "Lalu juga sudah yatim piatu. Sebelum bergabung dengan pelatnas, dia tinggal bersama kakaknya. Dia juga dekat dengan guru-guru di PPLP," ujar Eni


(Andika Primasiwi, Red/CN26/SM Network)