• KANAL BERITA

Sembilan Pemanjat Solo Bersiap ke Jepara

Kejuaraan Yunior Sumatera-Jawa-Bali

LATIHAN: Pemanjat cilik Solo, Dito berusaha menaklukkan jalur pemanjatan di papan lead dalam latihan di kompleks Stadion Manahan, Rabu (11/7). (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)
LATIHAN: Pemanjat cilik Solo, Dito berusaha menaklukkan jalur pemanjatan di papan lead dalam latihan di kompleks Stadion Manahan, Rabu (11/7). (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Sembilan atlet panjat tebing Solo bersiap menjalani kompetisi di Jepara. Para pemanjat yang kini disiapkan untuk bersaing dalam kejuaraan berlingkup Sumatera-Jawa-Bali tersebut, saat ini digembleng dalam latihan intensif bersama tim Kota Bengawan yang diproyeksikan guna menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018.

"Beberapa akan turun di nomor spiderkids, sementara lainnya masuk kelompok pelajar dan mahasiswa pecinta alam (Mapala-red). Nomor yang dilombakan hanya lead,’’ kata pelatih tim Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Solo, Guntur Joko Purwanto, Rabu (11/7).

Para atlet Kota Bengawan tersebut terdiri atas enam pemanjat putra dan tiga putri. Hanya Kiky dan Agnes yang turun di kelompok mapala. Sementara Adi, Tegar, Obin, Abimanyu dan Merry bakal beradu ketangguhan di kelompok pelajar, sedangkan dua pemanjat cilik yang turun di kelompok spiderkids atau di bawah usia 13 tahun, yakni Devi dan Dito.

"Kami akan biasanya anak-anak tersebut berada dalam situasi kompetisi, sehingga mental mereka terus terasah guna menghadapi persaingan pada kejuaraan-kejuaraan mendatang," jelas Guntur.

Menurutnya, ada rencana para atlet yang turut kejuaraan di Jepara tersebut, lanjut untuk bersaing pada ajang di Yogyakarta, pekan berikutnya. Skala eventnya lebih besar, yakni kejuaraan terbuka berskala nasional. "Persaingan di Yogya tentu lebih ketat, mengingat pesertanya dari berbagai daerah di Tanah Air. Namun hal itu diharapkan bisa menambah jam terbang anak-anak," tandas dia.

Lebih lanjut Guntur menambahkan, di saat para pemanjat yunior menjalani ajang kompetisi di Jepara, atlet-atlet senior bersaing dalam kejuaraan di Surabaya. Kejuaraan di Kota Pahlawan tersebut sekaligus merupakan bagian uji coba sebelum mereka membela Solo dalam Porprov Jateng, Oktober mendatang.


(Setyo Wiyono/CN26/SM Network)