• KANAL BERITA

Tontowi/Liliyana Menang Mudah

Blibli Indonesia Open 2018

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melaju ke babak kedua turnamen Blibli Indonesia Open 2018. Mereka berhak ke ronde selanjutnya usai mengalahkan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dua game langsung, 21-11, 21-14 pada babak pertama di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (3/7).

Pasangan yang akrab disapa Owi/Butet tersebut tampil menekan dan tak memberi ruang lawan untuk menyerang balik. Imbasnya, pasangan Negeri Jiran hanya bisa bertahan gempuran berkali-kali dari Owi dan Butet.

Liliyana mengakui pertandingan kali cukup mudah. Mereka hanya butuh waktu 30 menit untuk menyudahi laga. "Kami bermain cukup bagus di awal pertandingan ini. (Kondisi) lapangan enak buat kami, jadi main apa aja enak. Pada set kedua, mereka seperti kehilangan akal, sehingga kami semakin mudah," ujar Liliyana.

Kendati menang telak, Butet mengaku masih ada kekurangan selama laga. Buktinya, pada game kedua, perolehan poin hampir terkejar hingga 16-14. Setelah kembali fokus, Butet bersama Owi mampu menambah lima poin secara beruntun. "Mudah-mudahan besok Kamis bisa bermain lebih baik lagi. Kami dapat pelajaran dari hari ini," kata Butet.

Tontowi menambahkan, strategi dari pelatih mampu dierapkan dengan baik saat bertemu wakil Malaysia tersebut. "Arahan pelatih langsung kami terapkan di lapangan dan hasilnya bagus. Musuh terlihat agak keteteran dengan pola menekan kami," terang Tontowi. Pada babak kedua, Owi/Butet akan bertemu wakil Jepang, Yugo Kobayasi/Misaki Matsutomo yang sebelumnya menyingkirkan Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Islami, 21-18, 17-21 dan 21-8.

Menghadapi Yugo/Misaki, Butet tetap optimistis bisa meraih hasil positif. Menurut dia, selama bertemu wakil Jepang berkali-kali, hasilnya cukup memuaskan. "Kami sudah pernah bertemu, tapi saat ini beda pasangan. Tapi sejauh ini kita main lawan Jepang, head to head bagus," ungkap Butet.

Dia menilai wakil Jepang selalu bermain gigih dan memiliki pertahanan yang cukup bagus. Namun Butet tak gentar dengan karakter yang akan ditampilkan lawan. "Nanti juga perlu lihat situasi lapangan. Mereka juga belum tentu nyaman bertahan karena angin kencang," kata Liliyana.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)