• KANAL BERITA

2019, Optimis Prospek Bisnis dan Investasi Akan Lebih Baik

Pertumbuhan perekonomian di Jawa Tengah tahun 2018 yang melebihi pertumbuhan ekonomi nasional membuat optimisme prospek bisnis dan investasi 2019 akan lebih baik lagi. Secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah 5,38 persen jauh diatas nasional yang hanya 5,17 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah kuartal tiga 2018 naik cukup signifikan dari 5,22 persen menjadi 5,3 persen.

Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang melebihi nasional ini tak lepas dari kerjasama berbagai pihak mulai dari pemerintah dan pengusaha.

Menurutnya pemerintah Jawa Tengah melalui program-program terpadunya, kemudahan pelayanan investasi menjadi salah satu yang mendorong pertumbuhan investasi di Jawa Tengah. Terbukti Jawa Tengah menjadi yang terbaik dalam hal penanaman investasi daerah. Hal itu dikatakannya dalam Seminar Ekonomi Prospek Bisnis dan Investasi yang diselenggarakan Suara Merdeka di Hotel Aston Semarang, Rabu (12/12).

Investasi berperan penting dalam menggerakkan roda pembangunan dan pemerintah Jawa Tengah melakukan perbaikan untuk menarik investasi masuk ke Jawa Tengah. Selain itu suasana kondusif juga menjadi salah satu faktor investor mau menanamkan modalnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan total investasi triwulan 1 sampai 3 2018 ini mencapai Rp 41,94 triliun terbanyak untuk penanaman modal. Meskipun target investasi 2018 Rp 47,15 triliun belum tercapai namun tetap optimis sampai akhir tahun akan tercapai.

Sementara itu Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Kukrit SW sangat optimis prospek bisnis dan investasi di Jawa Tengah 2019 akan bisa lebih baik lagi. Dibuktikan dengan peran pemerintah yang sangat mendukung pengusaha di Jawa Tengah melalui kebijakannya.

Dengan adanya bandara baru dan akses jalan tol yang hampir sambung dari Jakarta sampai Surabaya sangat membantu pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya karena akses salah satu hal utama yang dibutuhkan pengusaha.

Kadin Jawa Tengah pun terus mendorong para pelaku usaha besar sampai mikro untuk terus berkembang maju lebih baik lagi. Banyak perusahaan besar luar negeri merelokasi pabriknya ke Jawa Tengah dan tentunya akan menyerap puluhan ribu pekerja sehingga dia sangat optimis prospek bisnis di Jawa Tengah 2019 akan bagus.

Tak hanya itu Kadin Jawa Tengah juga terus menggenjot trade dan tourism serta industri kreatif di Jawa Tengah untuk bisa maju lagi.


(Cun Cahya, Imam Supriono/CN35/SM Network)