• KANAL BERITA

70 Tahun Suara Merdeka, Inovasi dan Kolaborasi

Suara Merdeka Network yang berawal dari Harian Suara Merdeka, kini berumur 70 tahun tepat pada 11 Februari 2020. CEO Suara Merdeka Network Kukrit SW menyatakan, 70 tahun membawa arti penting karena membawa arti semoga mendapat pitulungan untuk mencapai pitujuan.


"Pitujuan akan tercapai, jika kita solid berkolaborasi, bersama-sama. Saya juga berharap semua di Suara Merdeka menjadi part of solution," kata Kukrit saat memberikan sambutan dalam Syukuran Hari Ulang Tahun Suara Merdeka ke-70 di Aula Ball Room Gombel Golf, Selasa (11/2).


Syukuran ini dihadiri seluruh keluarga besar Suara Merdeka Network di antaranya, Ir Budi Santoso, Sarsa Winiarsih, Sara Ariana Fiestri. Hadir pula Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu yang datang belakangan.


Ia melanjutkan, saat ini semua orang selalu mengatakan bahwa eranya kolaborasi dan sudah dilakukan oleh manajemen Suara Merdeka bersama Pemkot Semarang dan warga kotanya. Enam bulan terakhir, ada event Suara Merdeka yang sudah diakui eksistensi dan manfaatnya oleh warga Kota Semarang.


"Event Lurah Hebat ini membuat Suara Merdeka semakin mendapat hati masyarakat Kota Semarang dan semakin membumi," tambahnya.


Suara Merdeka juga tidak sendirian, kolaborasi dengan Viva Group bersama-sama membenahi suaramerdeka.com agar lebih lengkap, kekinian dan milenial. Pihaknya juga menginisiasi terbentuknya jaringan Varta Media Network di mana berisi media-media se- Jawa Bali, untuk berbagi informasi pemberitaan.


"Untuk suaramerdeka.com, kami merencanakan re-launching pada 7 Maret 2020 mendatang," tambahnya.


Selain kolaborasi, inovasi dalam sebuah perusahaan juga saat penting. Inovasi menyangkut sumber daya manusia (SDM), di mana semua perusahaan besar menginvestasikan ke sana.


"Saya kemarin training di Alibaba, perusahaan e-commerce terbesar. Kunci kesuksesan mereka ada di SDM," tutur Kukrit yang akan membawa budaya positif di Alibaba ke Suara Merdeka Network.


Inovasi lanjutnya, akan membuat industri media yang dibangun 70 tahun lalu ini tetap bisa survive menghadapi jaman yang berubah. Ketika koran dibunuh digital, televisi dibunuh Youtube dan Radio dibunuh Podcast, terus berinovasi agar tidak dibunuh jaman.


"Saat orang bilang bisnis media sekarang berat, sunset, bukan buat saya. Ini bukan suatu yang berat tapi menantang, jangan pernah puas mengembangkan kreasi dan inovasi," tuturnya.


Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan, Suara Merdeka selain memberi pengaruh positif bagi kehidupannya juga ikut mendukung dia dari nol sampai menjadi Wali Kota Semarang. Begitu pula kepada Kota Semarang, memberikan kontribusi yang luar biasa.


"Ada Lurah Hebat, Komunitas, Semargress, Warga Guyub dan lain-lain. Semoga tetap berkibar, jangan menyerah karena tantangan selalu ada tapi jika mampu bersinergi dan berinovasi maka tujuan tetap hebat akan tercapai," tutur pria yang akrab disapa Hendi itu.

 


(Puthut Ami Luhur/CN47/SM Network)