• KANAL BERITA

Sehat dan Dapat Hadiah di Warga Guyub Suara Merdeka

Suasana guyub nampak dalam acara Warga Guyub Suara Merdeka yang digelar di Taman Wilis Kelurahan Tegalsari, Minggu (19/1). Seperti biasa, acara dimulai dengan senam bersama diiringi musik hype kekinian.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang datang bersama Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu langsung ikut bergabung dan ikut senam bersama-sama warga semakin menambah semarak suasana Taman Wilis. Ikut bergabung juga membaur dengan warga CEO Suara Merdeka Network Kukrit Suryo Wicaksono. Terik mentari pagi tak menyurutkan warga, mereka antusias menirukan gerakan demi gerakan instruktur senam.

Seusai senam, warga menanti-nanti pengundian kupon dengan hadiah utama, sepeda gunung dan kulkas. Warga RW 9, Utik beruntung memperoleh hadiah utama, yakni kulkas, sedangkan sepeda dimenangkan Warga RW 7, Dewi.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada Ketua RT yang telah mengabdi puluhan tahun. Kemudian pembagian sembako gratis kepada lansia produktif dan penyerahan BPJS hasil sedekah sampah kepada enam warga.

Lurah Tegalsari, Sri Martini mengatakan, pemberian BPJS ini merupakan hasil dari sedekah sampah warga yang dikumpulkan di bank sampah Mugi Berkah Sari di RW 4. Kemudian, hasil penjualannya untuk membiayai warga yang kurang mampu.

Warga yang memiliki UHC dipindah ke BPJS Mandiri. Saat ini baru enam warga yang memperoleh manfaat, diharapkan setiap RW bisa mengangkat warga yang kurang mampu UHC pindah ke BPJS Mandiri.

Sehingga secara tidak langsung akan membantu pemerintah Kota Semarang mengurangi warga yang menggunakan UHC. Anggaran untuk UHC bisa dialihkan untuk bantuan yang lain. Adapun pemberian penghargaan kepada para RT merupakan wujud apresiasi terhadap pengabdian mereka selama ini.

Sementara itu, Camat Candisari, Moeljanto menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih Kota Semarang sebagai Kota Wisata terbersih se-Asia Tenggara (Asean Clean Tourist City Standart). Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat khususnya warga Kecamatan Candisari untuk menjaga kebersihan dan keamanan wilayah.

Moeljanto berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kerukunan antarwarga. Bersama segenap masyarakat, seperti RT, RW, PKK, Karangtaruna, pengusaha melalui CSR dan media akan melakukan kegiatan serupa yang benar-benar bisa meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap wilayahnya.

CEO Suara Merdeka Network, Kukrit Suryo Wicaksono, dalam sambutannya mengatakan Kota Semarang di bawah kepemimpinan Hendi dan Ita semakin maju. Salah satunya keberadaan Taman Wilis yang menjadi tempat warga berkumpul dan bersilaturahmi.

Keberhasilan ini juga tidak lepas dari peran para lurah, para camat serta para OPD yang telah bekerja keras memajukan Kota Semarang. Kota Semarang bahkan berhasil diantar menjadi Kota Wisata terbersih tidak hanya se-Indonesia tapi se-Asia Tenggara.

Adapun Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengungkapkan keberhasilan Kota Semarang menjadi Kota Wisata terbersih se-Asia Tenggara tak lepas dari konsep bergerak bersama yang diusungnya. Ada keterlibatan warga, pengusaha, media sebagai bagian dari konsep tersebut. Pada saat mereka mempunyai komitmen untuk membuat Kota Semarang menjadi lebih baik dan lebih hebat, maka dengan konsep gotong royong tendangannya jadi jauh lebih kuat.

Terbukti banyak yang memberikan apresiasi kepada Kota Semarang. Meskipun Kota Semarang APBD-nya tidak sebesar kota-kota yang lain, namun perubahannya sangat terasa karena hampir semua warganya merasa memiliki komitmen untuk membuat Kota Semarang menjadi lebih baik.

Warga Guyub Suara Merdeka yang didukung oleh Yamaha Mataram Sakti, Porinti, dan Laboratorium Klinik IBL Medical Check Up Center itu dihadiri juga Direktur Sales dan Komunikasi, Bambang Pulunggono, Pemimpin Redaksi Suara Merdeka, Gunawan Permadi, Wakil Pemimpin Redaksi, Agus Toto Widiatmoko dan Triyanto Triwikromo. Hadir pula, Pemimpin Redaksi Suaramerdeka.com, Setiawan Hendra Kelana, dan Direktur Suara Merdeka Communication, Nenny Kardiana.

Setiawan Hendra Kelana, Mohammad Khabib Zamzami, Ignatius Aldo


(Setiawan Hendra Kelana, Mohammad Khabib Zamzami/CN35/SM Network)