• KANAL BERITA

Guru dan Karyawan SMA Negeri 1 Semarang Dapatkan Motivasi Membangun Komunikasi 

Semarang, suaramerdeka.com. Guru dan karyawan SMA Negeri 1 Semarang mendapatkan motivasi dari motivator Dr Aqua Dwipayana tentang membangun komunikasi yang baik dan efektif antara guru karyawan dan siswa untuk mencapai visi sekolah di Aula Besar SMA Negeri 1 Semarang, Rabu (18/12).

Motivasi ini dilakukan agar ratusan guru dan karyawan nantinya bisa mendapatkan wawasan dan pandangan serta mengimplementasikan komunikasi yang baik untuk kemajuan sekolah. 

Dalam pemaparannya, Aqua Dwipayana menjelaskan kunci sukses dalam mengajar di kelas ada di komunikasi karena dari komunikasi yang baik bisa tersampaikan pesan yang akan dimaksudkan. 

Apalagi di era teknologi ini, para guru juga dituntut terus belajar mengikuti perkembangan zaman. 

"Banyak guru yang pintar dalam keilmuan tapi jika maju harus mau mendapatkan masukan dan kritikan karena itu termasuk dalam bentuk komunikasi," katanya. 

Selain itu, Aqua juga memaparkan ada lima aspek yang perlu diperhatikan jika ingin sukses di profesinya. Pertama harus respect atau mempunyai rasa hormat karena jika kita hormat kepada orang lain feedbacknya orang akan menghormati juga. 

Lalu mempunyai empati, audible atau bisa menyesuaikan dimana ia berada, clarity atau dalam mengunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami serta memiliki sikap humble atau rendah hati. 

"dalam mengajar harus mengunakan komunikasi yang efektif yaitu menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan santun serta menjaga hubungan baik kepada siswa dan orang tua siswa," jelasnya.


(Cun Cahya/CN47/SM Network)