• KANAL BERITA

Menikmati Tenangnya Hutan Pinus Kalilo

Purworejo, suaramerdeka.com.  Ingin menikmati segarnya udara dan ketenangan alam di kawasan bukit Menoreh anda bisa datang ke kawasan hutan pinus Kalilo yang berada di perbatasan Purworejo dan Kulon Progo tepatnya di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Hutan Pinus Kalilo yang dirintis 6 November 2016 oleh pemuda karang taruna Kalilo dan baru diresmikan oleh Pemkab Purworejo tanggal 22 Oktober 2019 ini menawarkan berbagi keindahan khas hutan pinus yang diminati wisatawan. 

Letak hutan pinus Kalilo berjarak kurang lebih 14 km dari pusat kota Purworejo. Atau jika mengambil arah dari Yogyakarta bisa melawati jalur Godean kearah Kulon Progo. 

Meskipun harus melalui jalan yang penuh dengan tanjakan dan turunan tajam namun sepanjang jalan menuju hutan pinus Kalilo, anda akan disuguhi pemandangan perbukitan Menoreh yang masih asri dengan hijaunya pepohonan.

Setelah sampai akan terbayar dengan keindahan dan ketenangan di tengah hutan pinus yang berada di ketinggian 700 meter diatas permukaan laut (mdpl) ini. Hutan pinus ini ramai dikunjungi setiap akhir pekan Sabtu dan Minggu. Namun jika tidak ingin keramaian dan membutuhkan suasana tenang datanglah selain akhir pekan. 

Dalam sebulan jumlah pengunjung mencapai rata-rata 5 ribu dan di weekend sehari bisa mencapai 500 pengunjung. 

David Priyantoro, staf promosi hutan pinus Kalilo menjelaskan selain menawarkan pemandangan alam, untuk memanjakan wisatawan di hutan pinus ini juga dilengkapi dengan bermacam spot foto yang sangat keren seperti di puncak Kalilo, puncak Titanic, panggung pohon, jembatan kayu, wahana permainan dan yang paling diunggulkan adalah watu tumpang. Watu tumpang ini adalah batu besar yang hanya menopang dibatuan kecil namun tetap seimbang. 

Kedepan rencananya akan dilakukan pengembangan lahan wisata yang sekarang ini dikelola masih  2 hektar dari total 5 hektar lahan Perhutani  dengan menambah fasilitas paint ball, taman kelinci dan miniatur golf. 

David berharap, kedepan agar bisa menggandeng biro wisata serta instansi-instansi untuk bisa mengajak wisatawan datang ke hutan Kalilo serta memperbanyak publikasi. 

Potensi yang dimiliki hutan pinus Kalilo ini pun membuat  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah tahun depan akan memberikan bantuan. Ignatius Adhi Nugroho, Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mengatakan pihaknya akan membantu pembangunan toilet, mushola, petunjuk arah serta promosi. 

Adhi berharap dengan adanya program pembangunan bedah Menoreh yang menghubungkan Kulon Progo dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, serta program wisata baru di Bukit Menoreh yang berbatasan dengan tiga kabupaten yakni Kulon Progo, Purworejo dan Magelang bisa meningkatkan kunjungan wisata salah satunya di Hutan Pinus Kalilo.


(Cun Cahya/CN47/SM Network)

Komentar