• KANAL BERITA

Kenyamanan Investasi Percepat Pembangunan Ekonomi Jawa Tengah

Semarang, suaramerdeka.com. Dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi 7 persen diperlukan strategi kebijakan salah satunya dalam mendorong investor masuk ke Jawa Tengah dengan kemudahan dan kenyamanan. 

Hal itu disampaikan M. Reza Tarmizi, Wakil Ketua Umum Pengembangan Ekonomi Daerah Kadin Jawa Tengah didampingi Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Endi Faiz Effendi saat menjadi pembicara dalam acara Jago Bisnis dengan tema Strategi Kebijakan Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Ekonomi di Jawa Tengah di TVKU, Rabu (4/12).

Reza menuturkan dengan kemudahan dan kenyamanan merupakan faktor penggerak percepatan pembangunan ekonomi sehingga investor pasti akan masuk ke Jawa Tengah untuk berinvestasi. Saat ini pemerintah sudah mempermudah proses perizinan dengan OSS sehingga memangkas birokrasi. 

"Jawa Tengah diuntungkan dengan adanya upah murah, kondusifitas sehingga membuat investor merasa aman dan nyaman berinvestasi. Dan disini Kadin berharap menjadi mitra strategis pemerintah untuk mendorong dan mengangkat pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah," katanya. 

Namun dengan diuntungkannya Jawa Tengah serta adanya kebijakan yang berpihak ke investor harus juga diimbangi dengan kesiapan infrastruktur dan energi. 

Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Endi Faiz Effendi menambahkan pemerintah sekarang sudah menciptakan pelayanan yang mudah, murah dan cepat kepada para investor yang masuk ke Jawa Tengah. 

Endi optimis dengan regulasi yang memihak kepada para pengusaha akan bisa meningkatkan pembangunan ekonomi Jawa Tengah. Karena Jawa Tengah mempunyai potensi di bidang industri, manufaktur dan pariwisata untuk bisa diakselerasi lebih tinggi lagi. 

"strateginya dengan adanya dorongan besar ekonomi yakni mendorong industri strategis agar beberapa sektor unggulan bisa melakukan ekspor serta melakukan investasi industri seperti di sektor energi supaya meningkatkan kawasan industri di Jawa Tengah," ucapnya.


(Cun Cahya/CN47/SM Network)