• KANAL BERITA

SMA Negeri 1 Semarang Uji Coba Pemilos dengan Sistem E-Voting 

Semarang, suaramerdeka.com. Sebanyak 1.296 siswa SMA Negeri 1 Semarang ditambah guru dan karyawan menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Ketua Osis (Pemilos) 2019 di lapangan upacara SMA Negeri 1 Semarang, Rabu (20/11).

Dalam Pemilos 2019 ini menggunakan dua sistem pemilihan yakni dengan manual atau kertas suara dan e-voting. 

Masrokhan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMA Negeri 1 Semarang menjelaskan pemilos sudah dilaksanakan kali ketiga dan pertama di 2019 menguji coba sistem e-voting. 

"pemilih masuk ke bilik dan memilih secara manual menggunakan kertas suara lalu setelah selesai pemilih akan dipandu oleh petugas untuk mengentri menggunakan e-vote melalui gadget," jelasnya. 

Diuji cobakan pemilihan secara digital menggunakan e-voting ini, dimaksudkan kedepan agar siswa bisa terbiasa dengan perkembangan teknologi sekaligus untuk mempercepat dan mempermudah pemilihan sehingga dihasilkan pemilos yang transparan dan akuntabel.

Dengan Pemilos, kata Masrokhan, mengenalkan siswa pada sistem demokrasi langsung yang transparan, serta dapat menggunakan hak suaranya untuk memilih sosok pemimpin OSIS.
Hal ini juga akan digunakan ketika nantinya siswa mempunyai hak suara dalam pemilu agar bisa digunakan sebaik-baiknya dan tidak golput. 

"sejak pertama kali digelar pemilos kita selalu ada pendampingan dari KPU untuk pelatihan dan pembinaan," katanya. 

Pemilos SMA Negeri 1 Semarang tahun 2019 ini diikuti oleh tiga kandidat calon yakni nomor urut 1 Faris Mishbahul Ma'ruf, nomor urut 2 Vincenvius Marcellino Ritoro dan nomor urut 3 Ahmad Ibrahim Siregar. Dan yang terpilih sebagai ketua Osis SMA Negeri 1 Semarang tahun 2019 adalah Vincenvius Marcellino Ritoro dengan memperoleh 845 suara.


(Cun Cahya/CN47/SM Network)