• KANAL BERITA

Suara Merdeka Gagas Apresiasi Lurah Hebat

Lurah memiliki peran penting dalam memajukan daerahnya. Untuk memacu prestasi masing-masing lurah, Suara Merdeka Network (SMN) akan memberikan penghargaan berupa Lurah Hebat. Program ini sejalan dengan kegiatan road to 70 SM Network berupa ”Lurah Hebat”.

Penyelenggaraan Lurah Hebat yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang ini diharapkan menjadi barometer kemajuan masing-masing kelurahan. Selain itu, dapat meningkatkan kekompakan dari warga setempat. Dengan dukungan SMN yang kuat, kegiatan ini akan menarik perhatian publik dan pengunjung dalam skala masive.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berharap kegiatan ini menjadi daya dorong bagi masyarakat untuk membina masyarakat di sisi ekonomi. Misalnya, dengan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Lomba Lurah Hebat ini diharapkan membuat para lurah semakin kreatif dan inovatif.

Hendi mengatakan, akan memberangkatkan penerima predikat Lurah Hebat terbaik untuk studi ke luar negeri. Oleh karena itu, Hendi meminta kepada para lurah agar bersungguh-sungguh.

Sementara itu, CEO SMN, Kukrit Suryo Wicaksono mengatakan, dalam usia yang ke-70 tahun, lahir dan berkembang di Jateng. Suara Merdeka merasa perlu untuk mendorong pengembangan prestasi berbasis kelurahan. Kukrit menilai, menjadi lurah hebat saja belum cukup. Menurutnya, lurah saat ini harus menjadi selebritis di Kota Semarang.

Adapun, Pemimpin Redaksi Suara Merdeka, Gunawan Permadi, menjelaskan Lurah Hebat melombakan beberapa kategori. Kategorinya yakni kelurahan paling digitalis, kelurahan berentrepreneur terbanyak, kelurahan budaya terindah, kelurahan paling literatif dan kelurahan dengan produk unggulan terbanyak. Kemudian, kelurahan dengan warga yang punya produk khas terbanyak, kelurahan berpengelolaan keuangan terbaik, kelurahan berpengawasan total. Selanjutnya, kelurahan tersehat, kelurahan terbahagia, kelurahan paling kreatif dan inovatif dan lurah hebat.

Lebih lanjut, semua kategori itu memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Misalnya, kelurahan literatif, akan dinilai apakah ada taman baca, perpustakaan dan sarana pendukung litarasi lainnya di tempat itu.

Dari semua kriteria itu, akan ditentukan skoringnya kemudian akan dipilih lurah hebat. Tim Juri akan mulai melakukan penilaian langsung ke kelurahan-kelurahan mulai dari 10 Oktober 2019 sampai 10 Januari 2020.


(Mohammad Khabib Zamzami/CN47/SM Network)