• KANAL BERITA

Saatnya Wirausaha Jadi Prioritas Pekerjaan 

Semarang, suaramerdeka.com. Di era digital dengan perkembangan teknologi  yang sangat pesat mempermudah berbagai pekerjaan. Namun saat ini kondisi lapangan kerja yang ada di Indonesia masih terbilang sulit, terlebih saingan untuk mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang terbilang ketat.

Sehingga salah satu cara untuk mengatasinya dengan membuka lapangan kerja dan  mendorong kewirausahaan di kalangan generasi muda.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit SW saat memberikan motivasi kepada ribuan mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) di Kampus Udinus, Senin (2/9).

Dalam acara tersebut juga menghadirkan pembicara Walikota Semarang, Hendrar Prihadi dan Vice President of Business Development Grab Indonesia, Igel Zibriel. 

Kukrit mengatakan lulusan universitas saat ini sangat banyak sehingga persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat kompetitif ditambah sekarang banyak pekerjaan memanfaatkan teknologi. 

"pekerjaan sekarang semakin susah dengan era digital semua orang memanfaatkan teknologi, tidak lagi banyak yang memanfaatkan SDM. Jadi saatnya yang paling tepat untuk menjadikan wirausaha menjadi pilihan utama," katanya. 

Untuk itu, lanjut Kukrit, Kadin Jawa Tengah selalu memberikan bantuan ke para generasi muda yang ingin terjun ke dunia wirausaha. Salah satunya memasilitasi pelatihan. 

Kukrit menjelaskan untuk menjadi wirausaha harus dimulai dari kemauan, ide dan kreatifitas, fokus serta networking. Dan yang terpenting jangan takut gagal.

Sementara itu, Walikota Semarang menuturkan bahwa mahasiswa adalah genarasi penerus bangsa yang kelak menjadi pemimpin sehingga perlu didorong agar kuat dan maju. Karena kesuksesan bangsa Indonesia salah satunya ada di generasi muda. Untuk itu generasi muda harus kompetitif. 

"pasti tidak hanya pintar tapi juga harus punya kemampuan diluar pendidikan formal," jelasnya.


(Cun Cahya/CN47/SM Network)