• KANAL BERITA

Sejiwa Foundation Jadi Rumah Besar Penyandang Disabilitas

Semarang, suaramerdeka.com. Sejiwa Foundation resmi diluncurkan di Kota Semarang sebagian rumah besar bagi para penyandang disabilitas. 

Ketua Sejiwa Foundation, Yuktiasih Proborini mengatakan latar belakang didirikan Sejiwa Foundation karena selama ini masih ada kesenjangan yang sering dialami para penyandang disabilitas. Menurutnya dengan foundation ini ingin memberdayakan mereka dengan keterbatasan untuk lebih berdaya dan mandiri.

Proborini menjelaskan konsep disabilitas juga terus berkembang namun satu hal yang diyakini bagaimana memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas dalam berbagai bidang.

''Kami ingin kikis pelan-pelan stigma dan diskriminasi yang membuat mereka tidak bisa berkembang dalam berbagai bidang. Setelah Semarang akan bergerak ke kota-kota lainnya,'' katanya di sela penandatanganan komitmen Sejiwa Foundation di Menara Suara Merdeka, Selasa (27/8).

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri CEO Suara Merdeka Network Kukrit SW, Kepala Bappeda Kota Semarang, Bunyamin mewakili Walikota Semarang, Dinas Sosial dan berbagai elemen masyarakat serta perwakilan asosiasi. Setelah acara penandatanganan  juga digelar  dengan Focus Group Discussion (FGD) yang membahas mengenai disabilitas. 

Bunyamin menambahkan, Pemerintah Kota Semarang pun tak berhenti mengupayakan hak-hak para penyandang disabilitas. Komitmen kota Semarang kaitannya dengan kota inklusi menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Sejumlah dasar hukum sangat jelas mengaturnya. 

Menurutnya, semua perlu bergerak bersama mulai dari pemerintah, dunia usaha, akademis, media, lembaga masyarakat dan swadaya masyarakat bisa bersinergi menjadi kota inklusi.

Kukrit SW berharap Sejiwa bisa menjadi wadah yang bermanfaat bagi penyandang disabilitas dan mampu memberdayakan mereka untuk bisa mandiri dan membantu keluarganya.


(Cun Cahya/CN47/SM Network)