• KANAL BERITA

Halosis Targetkan UMKM Melek Teknologi 

Semarang, suaramerdeka.com. Halosis, perusahaan rintisan bidang teknologi kecerdasan buatan yang fokus pada pemberdayaan UMKM perempuan terus berupaya agar para UMKM bisa melek teknologi dalam memasarkan produknya. 

Hal itu didasari karena ada 34 juta perempuan di Indonesia masih butuh tambahan penghasilan untuk membantu keluarga dengan berjualan salah satunya lewat sosial media. Sampai saat ini para pelaku UMKM masih menggunakan pendekatan tradisional dalam mengurus usahanya. 

Founder and CEO Halosis, Andrew Darmadi menjelaskan Halosis hadir memudahkan dan mengefiseinsikan operasional UMKM di dunia digital, sehingga pelaku UMKM bisa fokus untuk pengembangan kualitas produknya. 

"Selama ini kelemahan UMKM semuanya serba manual dalam mencatat dan menerima pesanan sehingga susah berkembang daripagi sampai malem respon chat masuk, harus proses order bolak balik tidak efisien. Mereka bisa menjual dalam jumlah kecil tapi kalau sudah banyak tidak bisa berkembang," katanya, saat audiensi dengan Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Kukrit SW di Menara Suara Merdeka, Selasa (27/8).

Melalui Halosis, UMKM bisa menyematkan tautan webchat Halosis di profil Instagram, Facebook, hingga aplikasi percakapan seperti Line ataupun Facebook Messenger. Lewat webchat itu, pelanggan bisa bertanya perihal stok produk, harga, ongkos kirim hingga rekap pesanan secara teliti sehingga mengurangi risiko human error yang terjadi selama ini.

Sampai saat ini ada sekitar 5 ribu UMKM yang sudah menggunakan Halosis dan mereka yang sudah dibantu, pendapatan meningkat tiga sampai enam kali lipat selama enam bulan. 

"Untuk UMKM gratis karena kita mendukung usaha mikro dan ada yang  berbayar ketika berkembang mereka bisa membayar dan untuk subsidi  yang usaha mikro," ucapnya. 

Andrew menambahkan, selama ini Halosis masih fokus di Jabodetabek tapi perlahan akan melebar ke beberapa daerah salah satunya Jawa Tengah yang mempunyai jumlah UMKM terbanyak. Ia berharap dengan kerja sama dengan Kadin Jawa Tengah bisa menghasilkan UMKM yang berhasil mengembangkan ke era digital. 

"Kedepan semua usaha  harus mengenal teknologi," tuturnya. 

Meskipun baru berdiri tahun 2017 namun Halosis berhasil mendapatkan penghargaan sebagai best startup for UMKM dari Presiden Joko Widodo sebagai mitra juara Gojek 2019.


(Cun Cahya/CN47/SM Network)