• KANAL BERITA

Pesta Rakyat Jawa Tengah Diharapkan Dongkrak Perekonomian Warga Wonogiri

SEMARANG, suaramerdeka.com - Berbagai kegiatan Pesta Rakyat dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-69 Provinsi Jateng di Kabupaten Wonogiri pada 23-25 Agustus 2019 diharapkan akan bisa mendongkrak perekonomian warga Wonogiri dan sekitarnya. 

Selain menyuguhkan pagelaran beragam seni dan budaya khas masing-masing daerah serta aneka produk kerajinan unggulan, masyarakat juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan positif dan edukatif. 

Tak hanya itu, warga Wonogiri juga dilibatkan dalam hal berkesenian disela padatnya kegiatan Pasar Raya Jawa Tengah. 

Dipilih Kabupaten Wonogiri sebagai tuan rumah Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019, lanjut Sri, karena Wonogiri mewakiki eks Karisidenan Surakarta yang mempunyai pusatnya seni dan budaya. 

Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019 diisi berbagai pagelaran seni dan budaya tradisional seperti kethoprak dan dolanan jaman dahulu, hingga pentas musik modern yang menghadirkan artis ibukota. Selain itu ada pameran inovasi dari berbagai SKPD, pameran UMKM, Dekranasda, karya pelajar serta kegiatan olahraga. 

Puncak pembukaan pesta rakyat dimeriahkan dengan tarian kolosal kethek ogleng, kenthongan massal 500, pertunjukan paragliding dan kesenian khas lainnya dilanjutkan malam hari Jateng bersholawat. Di hari kedua ada senam aerobik, jalan sehat dan diakhiri makan bersama nasi pincuk. Sore hari ada batik carnival di alun-alun Wonogiri dan malam hari ada pentas ketoprak eksekutif. 

Pada hari ketiga atau penutupan, masyarakat akan dihibur dengan lomba olahraga tradisional yang diikuti oleh para kepala SKPD. 


(Setiawan Hendra Kelana/CN47/SM Network)