• KANAL BERITA

Wali Kota Semarang Kurban Sapi Seberat 1,2 Ton ke Masjid Kauman

SEMARANG, suaramerdeka.com - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyerahkan kurban sapi jenis Simmental dan FH ke pengurus panitia kurban Masjid Agung Semarang atau biasa disebut Masjid Kauman. Sapi blasteran Simmental dan FH adalah salah satu sapi hasil perkawinan silang antara sapi FH dan sapi simmental.

Sapi seberat 1,2 ton itu diserahterimakan oleh Wali Kota kepada Ketua Takmir Masjid Agung Semarang, KH Hanief Ismail, disaksikan seluruh warga di halaman Masjid Agung Semarang. Dalam sambutannya, Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu berpesan agar proses pembagian daging kurban dapat dilakukan dengan tertib. Sehingga, penyaluran daging kurban dapat berlangsung dengan baik.

"Penyaluran hewan kurban ini harus diawali dengan niat yang baik. Jangan sampai ada keributan karena berebut daging kurban," ujar Hendi, Minggu (11/8).

Sementara itu, Takmir Masjid Agung Semarang, KH Hanief Ismail, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Semarang dan segenap masyarakat yang telah ikut serta menyumbangkan hewan kurban. Dijelaskannya, jumlah penerimaan hewan kurban pada tahun ini meningkat. Di samping itu, sapi yang pemberian dari Wali Kota juga lebih besar jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Tahun lalu kami menerima amanah berupa 2 ekor kerbau dari Kerajaan Diraja Malaysia, kemudian 17 ekor sapi dan 54 ekor kambing. Pada tahun ini Masjid Agung Kota Semarang menerima 21 ekor sapi dan 54," terang dia.

Lebih lanjut dia menyampaikan, sumbangan hewan-hewan kurban itu berasal dari beberapa CSR perusahaan, salah satunya CSR Suara Merdeka dan Sasa. Selain itu, sumbangan lainnya berasal dari hasil iuran Jamaah Masjid Agung Semarang yang belum bisa berkurban sendiri.  

Dengan jumlah hewan kurban yang meningkat, dia berharap jumlah daging kurban yang akan dibagikan bisa lebih banyak dari tahun lalu. Tahun lalu, pihak masjid membagikan sebanyak 8.000 bungkus daging kurban. Sebanyak 4.000 bungkus daging kurban dibagikan kepada fakir miskin jalanan di sekitar semarang seedangkan empat ribu bungkus lainnya dibagikan kepada warga sekitar Masjid Agung Semarang.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban, H Muhammad Fauzan menambahkan, selain disalurkan ke fakir miskin jalanan dan warga sekitar masjid, daging kurban juga disalurkan ke kelurahan-kelurahan di Semarang Tengah. Masing-masing kelurahan akan mendapatkan sebanyak 20 bungkus.

"Nanti akan dibagikan ke kelurahan sekecamatan Semarang Tengah melalui MWC NU dan Muslimat ranting. Sementara, masing-masing 20 bungkus," imbuhnya.

Seusai prosesi serah terima hewan kurban, acara dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban secara simbolis oleh Wali Kota. Selanjutnya, warga dari berbagai elemen bergotongroyong menyembelih dan membungkus daging kurban untu selanjutnya disalurkan kepada yang berhak.


(Mohammad Khabib Zamzami/CN47/SM Network)