• KANAL BERITA

Pengusaha Butuh Networking Luas

Permodalan yang dibutuhkan pengusaha satu-satunya bukanlah uang semata. Melainkan jejaring atau networking yang luas.

Ketua BPD Himpunan Pengusaha Indonesia (Hipmi) Jawa Tengah Billy Dahlan menuturkan, modal yang dibutuhkan pengusaha bukan hanya uang semata. Jejaring atau networking yang luas justru dibutuhkan oleh pengusaha.

"Dengan jejaring pemasaran yang luas, maka usaha atau bisnis yang dijalankan akan semakin dikenal dan berkembang," tuturnya saat Rakerda Diklatda BPD Hipmi Jateng 2019 di Hotel Dafam Semarang, Senin (17/6).

Pada kesempatan tersebut, Billy berharap segenap anggota Hipmi dapat memanfaatkan networking yang sudah terjalin. Organisasi Hipmi memiliki posisi dan reputasi yang baik. Dekat dengan pemerintahan dan seluruh stakeholder. Sehingga berpeluang besar bagi pengusaha untuk menjalin networking.

Diharapkan Hipmi bisa menjadi solusi. Tidak menjadi anggota Hipmi yang hanya numpang tenar melainkan bisa menjadi organisasi solusi.

Pada Rakerda tersebut, diikuti oleh 350 peserta dan anggota serta pengurus Hipmi 26 BPC se-Jateng. Hampir 70% diantaranya adalah anggota baru. "Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, diselenggarakan Rakerda sekaligus Diklatda. 

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya ditantang oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani perekonomian Jateng bisa mencapai 7% dari saat ini masih 5,5%. Oleh sebab itu diperlukan kerja keras agar perekonomian Jateng bisa mencapai target. Kuncinya adalah peran dan sinergi yang baik antara pemerintah, pengusaha dan buruh.

"Pemerintah Provinsi Jateng siap melayani apa saja yang diperlukan pengusaha. Perijinan dan kemudahan berusaha akan diberikan. Bahkan, kami mendorong investor baru untuk berani menanamkan modalnya ke Jawa Tengah," ujarnya.

Ganjar berharap investor dapat menanamkam modalnya ke Jateng. Provinsi Jateng akan dapat investasi baru senilai Rp 35 miliar. Tentunya, investasi baru ini diharapkan bisa menambah perekonomian di Jawa Tengah.


(Fista Novianti, Imam Supriono/CN35/SM Network)