• KANAL BERITA

Suara Merdeka Hadirkan Mobil Samsat Keliling, Warga Senang

Warga Guyub selalu menghadirkan kemeriahan dalam setiap penyelenggaraannya. Seperti biasa, berbagai kegiatan menarik seperti senam, lomba mewarnai dan cek kesehatan dihadirkan dalam acara yang mampu menambah keguyuban warga itu.

Namun, pada Warga Guyub yang menyambangi warga Parangkusumo, Tlogosari Kulon kali ini juga menghadirkan mobil Samsat Keliling. Dengan adanya mobil Samsat Keliling tersebut warga dapat menikmati pelayanan perpanjangan STNK sembari menikmati acara Warga Guyub.

Warga Tlogosari RT 6 RW 19, Yanto Karsono mengaku senang dengan adanya Samsat Keliling. Menurut Yanto, keberadaan Samsat Keliling pada hari libur sangat membantu.

"Pelayanan lebih cepat dari hari biasa, hanya tiga menit dan tidak perlu antri. Warga juga bisa sambil menikmati hiburan yang disajikan dalam Warga guyub," ujar dia. 

Yanto sangat mendukung kegiatan seperti Warga Guyub ini. Yanto menilai, dengan adanya Warga Guyub kegiatan di Taman Parangkusumo menjadi lebih meriah dibanding hari biasa.

Sementara itu, Kasi Pajak Kendaraan Bermotor pada Unit Pengelola Pendapatan Daerah (UPPD) Kota Semarang I, Ridimanjaya mengatakan, Unit Pengelola Pendapatan Daerah (UPPD) Kota Semarang I bekerjasama dengan Suara Merdeka untuk memudahkan warga mengurus perpanjangan STNK.

"Kali ini, kami khusus melayani warga guyub. Pemilik kendaraan dapat mengurus pajak tahunan, pajak lima tahunan hanya dalam tiga menit saja dan tidak perlu antri. Syaratnya juga mudah hanya perlu bawa STNK atas nama sendiri dan E-KTP asli," ujar Ridimanjaya, Minggu (7/4).

Dikatakannya, kegiatan semacam ini sangat membantu untuk menyosialisasikan pelayanan Samsat. Lebih lanjut, dia menjelaskan, ada dua unit mobil Samsat Keliling yang disiapkan pada hari biasa. Mobil tersebut bersiaga di pertigaan Banjardowo, Genuk pada Senin, Selasa, Sabtu, Sedangkan pada Rabu, Kamis dan jumat di Jalan Hasanudin, Semarang Utara dekat pos polisi Hasanudin.

"Unit lainnya, beroperasi di Gor Citarum pada Senin, Selasa dan Rabu. Sedangkan pada Kamis, Jumat dan Sabtu di Perumahan Plamongan Indah," ujar dia.

Diluar pelayanan umum, kata dia, selain melayani di titik layanan samsat ada juga aplikasi Sistem Administrasi Pembayaran Pajak Online atau disingkat dengan SAKPOLE. Masyarakat cukup mendownload aplikasinya di playstore. "Syaratnya, harus punya rekening di Bank Jateng dan BNI," imbuh dia.

Manajer Bisnis SM Kota Semarang, Doni Nugroho mengatakan, Suara Merdeka melalui Warga Guyub ingin menyajikan sesuatu yang berbeda. Diharapkan, kerjasama yang dilakukan dengan Samsat Keliling ini dapat membantu masyarakat.

Selain Samsat Keliling, kegiatan ini juga didukung banyak sponsor, yakni RSI Sultan Agung, Coca Cola Amatil Indonesia, Tom's Home Supply dan Hotel Dalu. Kemudian ada juga Yamaha Mataram Sakti, Vitalong C, Victoria Cosmetik, Zenlatte, Minyak Kayu Putih Dragon dan Akulaku.

Ketua RW 2, Tlogosari Kulon, Teguh Setyono berterima kasih kepada Suara Merdeka dengan adanya Warga Guyub. Melalui Warga Guyub, warga bisa semakin sehat dengan ikut senam pagi selain itu mereka juga berpeluang mendapatkan hadiah.

"Ada juga lomba anak-anak. Biasanya, lomba seperti ini hanya ada saat merayakan kemerdekaan saja. Kami harap ke depan lomba anak-anak bisa lebih bervariasi lagi," pinta dia.

Ditambahkan, akhir pekan merupakan waktu berkumpul bagi keluarga. Sehingga, dengan kegiatan seperti ini bisa semakin meningkatkan waktu yang kualitas bersama keluarga dan anak-anak.


(Imam Supriono, Mohammad Khabib Zamzami/CN35/SM Network)