• KANAL BERITA

Alste 85 Tanam 8.500 Bibit Mangrove di Pantai Mangunharjo 

Semarang, suaramerdeka.com. Alumni SMA Negeri 3 Semarang (ALSTE) 85 melakukan kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman 8.500 bibit mangrove di Pantai Mangunharjo, Semarang, Minggu (10/3).

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak tahun lalu ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan pesisir yang terus mengalami abrasi. 

Fajar Ariadi Ketua Alste 85 mengatakan penanaman mangrove ini sebagai bentuk sumbangsih sebagai alumni SMA 3 Semarang kepada masyarakat dalam bentuk mencintai lingkungan. 

Ia pun menargetkan di tahun 2019 akan melakukan penanaman sebanyak 20 ribu sampai 30 ribu bibit mangrove di pesisir Semarang. 

"Program lingkungan ini sudah dilaksanakan sejak tahun lalu dan akan dilakukan rutin setahun dua kali sebagai bentuk komitmen kami terhadap kelestarian lingkungan," katanya. 

Fajar menuturkan, kedepan tidak hanya lingkungan di pesisir Semarang, tapi juga akan melakukan penanaman pohon di lereng Gunung Merapi yang sudah gundul akibat kebakaran. 

Feri Agung Ketua Tunas Harapan Budidaya Mangrove menambahkan dengan adanya kepedulian masyarakat, komunitas maupun perusahaan dalam penanaman mangrove sangat membantu dalam pelestarian wilayah pesisir Semarang. 

Menurutnya penanaman di Pantai Mangunharjo terus dilakukan karena alam terus berubah baik itu arus laut maupun lingkungan yang bisa merusak pesisir. Dan sekarang lingkungan Mangunharjo sudah lebih baik jika dibandingkan pesisir Semarang lainnya. 

"Kalau dulu hanya melakukan penanaman tapi tidak ada perawatan, padahal perawatan itu penting dan 50 persen kehidupan tanaman mangrove itu sudah sangat luar biasa," jelasnya.


(Cun Cahya/CN47/SM Network)