• KANAL BERITA

Tingkatkan Kualitas Pengembang, REI Adakan Uji Sertifikasi Profesi

SEMARANG, suaramerdeka.com - Untuk meningkatkan kualitas pengembang perumahan, Real Estat Indonesia (REI) pusat mengadakan uji sertifikasi profesi di sela diklat bertajuk "Menjadi Developer Tangguh dalam Pembangunan Perumahan Layak Huni" di Hotel Harris, Jalan Ki Mangunsarkoro No.36, Selasa (12/2).

Uji kompetensi ini merupakan pertama bagi para anggota DPD REI Jawa Tengah yang diikuti oleh 65 anggota.

Ketua DPD REI Jawa Tengah MR Prijanto mengatakan sertifikasi ini sangat penting karena melakukan proyek pembangunan perumahan tidak mudah sehingga perlu adanya kompetensi untuk menghindari pengembang abal-abal.

"Perdana di Jawa Tengah dan nantinya akan ke Palembang, Pekanbaru, DIY, Batam dan setiap bulan akan bergerak agar seluruh anggota REI di Indonesia yang berjumlah 5 ribu anggota bisa tersertifikasi kompeten," katanya.

Dalam kompetensi tersebut ada tujuh skema yang diujikan seperti pemilihan lokasi, melaksanakan proyek, pembangunan, pemasaran dan perizinan.  

Sertifikasi kompeten, lanjut Prijanto sebagai tindak lanjut undang-undang nomor 1 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman yang mensyaratkan pengembang harus berkompeten.

"Karena dalam perusahaan ada arsiteknya, sipil, hukum, ekonomi untuk menguasai sebagai developer. Juga sertifikasi ini nantiya sebagai persyaratan pengurusan," ucapnya.

 


(Cun Cahya/CN47/SM Network)

Komentar