• KANAL BERITA

Jokowi: Ajarkan Etika ke Anak Muda

Presiden Joko Widodo titip pesan pada media untuk ikut menjaga kultur budaya Indonesia. Nilai-nilai sopan santun, tata krama, dan budi pekerti harus disampaikan pada anak-anak muda. Agar etika ketimuran tetap terjaga karena merupakan ciri khas Indonesia.

Ada 700-an suku dan lebih dari 1.100 bahasa di Indonesia. Masing-masing memiliki adat dan kebudayaan berbeda-beda dengan ciri khas masing-masing. Hal itu dinilai menjadi kekayaan bangsa.

Dalam kunjungannya di Kantor Redaksi Suara Merdeka di Jalan Pandanaran II Kota Semarang, Jokowi mengaku sama sekali tak ragu jika budaya Indonesia tak akan luntur, berubah atau berkurang. Tapi memang perlu diingatkan pada anak-anak muda mengenai tata krama, budi pekerti, sopan santun, etika Indonesia. Media memiliki peran sentral untuk menyampaikan ini pada masyarakat.

Saat berdialog, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Ganjar Pranowo, Komisaris Utama Suara Merdeka Network Budi Santoso. Dialog dimoderatori oleh CEO Suara Merdeka Network Kukrit Suryo Wicaksono.

Selanjutnya, Jokowi mengingatkan bahwa sudah menjadi kewajiban warga Indonesia untuk terus merawat budaya yang dimiliki. Misalnya, dalam perayaan-perayaan hari besar mengenakan pakaian adat daerah masing-masing.

Selama tiga tahun terakhir, pada perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, istana mewajibkan tamu mengenakan pakaian adat. Hal itu untuk menunjukkan warna-warni keberagaman kekayaan adat kebudayaan bangsa.

Jokowi juga meladeni pertanyaan wartawan perihal infrastruktur hingga soal stamina yang selalu fit meski pun agenda kegiatan menumpuk.

Rupanya Presiden ke-7 RI ini meiliki sejumlah "ritual" khusus untuk menjaga staminanya. Olahraga, sudah pasti. Dalam dua kali sepekan dirinya joging. Ditambah jalan kaki yang jika dikalkulasi mencapai beberapa kilometer saat melakukan kunjungan di sejumlah tempat.

Resep lain adalah minum jamu sebelum sarapan. Jamu temulawak campur jahe bagus untuk stamina. Temulawak yang mengandung kurkuma disebutnya menyehatkan. Dalam tiga tahun terakhir, Jokowi melengkapinya dengan resep minum kelapa hijau tiga kali dalam sepekan.

Resep ketiga, yang disebutnya mungkin paling berat adalah ngleremke ati dan pikiran. Saat difitnah, tetap senyum. Demikian halnya saat dihina, dimaki, atau direndahkan tetap tersenyum.

Tak banyak pertanyaan anggota redaksi Suara Merdeka yang disampaikan karena waktu presiden yang terbatas. Namun sebelum dialog tersebut dimulai, Jokowi melakukan pertemuan dengan Komisaris Utama Suara Merdeka Network Budi Santoso dan CEO Suara Merdeka Kukrit Suryo Wicaksono beserta Susan Sanger sang istri dan anak-anaknya. Mereka juga melakukan foto bersama.

Usai dialog, Jokowi menyempatkan foto bersama dengan redaksi Suara Merdeka. Tak puas, sejumlah redaksi juga meminta swafoto. CEO Suara Merdeka Kukrit Suryo Wicaksono mengaku kunjungan presiden ini merupakan kehormatan bagi keluarga besar Suara Merdeka.

Menurut Kukrit, Jokowi bukanlah orang lain bagi Suara Merdeka. Sejak menjadi Wali Kota Solo, sudah banyak bersinergi. Sebagai korannya orang Jawa Tengah, Suara Merdeka konsisten untuk ikut membangun Jawa Tengah.

Walau beliau sudah menjadi Presiden, masih menganggap Suara Merdeka menjadi salah satu bagian dari kesuksesan kinerjanya. Ini merupakan sebuah kehormatan.


(Puthut Ami Luhur, Imam Supriono/CN47/SM Network)