• KANAL BERITA

IAI Jateng dan Suara Merdeka Network Sinergikan Edukasi Transparansi Keuangan Publik 

Semarang, suaramerdeka.com. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Tengah sebagai Sahabat Suara Merdeka akan melakukan sinergi dengan Suara Merdeka Network (SMN) tentang edukasi akuntabilitas dan transparansi keuangan publik. 

Hal itu sebagai upaya untuk memperluas cakupan masyarakat atas kesadaran terhadap pentingnya pengelolaan keuangan negara, daerah, dan swasta yang transparan dan akuntabel. 

Hery Subowo, Ketua IAI Jawa Tengah mengatakan edukasi terhadap keuangan yang akuntabel dan transparan memang perlu kerja sama dengan pihak lain agar percepatan bisa lebih dilakukan. 

"Terdapat potensi yang bisa dikerjasamakan dengan Suara Merdeka Network seperti seminar, Focus Group Discussion, pelatihan internal IAI maupun untuk masyarakat umum," katanya saat menerima Suara Merdeka Network di kantor IAI Jateng, kompleks Kantor BPK Perwakilan Jawa Tengah, Jumat (18/1).

Menurutnya selain edukasi ke masyarakat, peningkatan kapasitas akuntan, bisa juga dilakukan lewat pelatihan sehingga para anggota juga terus menambah ilmu dan praktik akuntan yang terus berkembang.

Gunawan Permadi, Pemimpin Redaksi Suara Merdeka menuturkan nantinya dengan kerja sama edukasi pengelolaan keuangan ini akan bisa bermanfaat bagi masyarakat, para akuntan, serta pemerintah. 

"Salah satunya dana desa yang sudah dikucurkan dan  banyak kepala desa yang tidak tahu dalam pengelolaan keuangan yang akhirnya terjerat kasus hukum sehingga dengan edukasi dan workshop akan bisa meningkatkan pengetahuan tentang tata kelola keuangan yang transparan," ucapnya. 

Gunawan menjelaskan penting juga para akuntan untuk bisa memberikan gagasan-gagasan akuntansi yang membangun lewat tulisan ilmiah populer yang bisa dibaca masyarakat luas. 

Kerja sama ini, lanjutnya, sekaligus sebagai sarana publikasi untuk mengenalkan profesi akuntan kepada masyarakat umum yang belum banyak dilirik. 

Dari Suara Merdeka Network hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Pemimpin Redaksi Suara Merdeka Triyanto Triwikromo dan Agus Totok Widyatmoko,  Wakil Direktur Operasional Suara Merdeka Yoyok Gumulyo, Pemimpin Redaksi suaramerdeka.com Setiawan Hendra Kelana, serta GM Sales, Communication dan Event Suara Merdeka, Neny Kardiana.


(Cun Cahya/CN47/SM Network)