Sanggar Wayang Bima Laras Bagikan Santunan

CILACAP- Di sela pementasan wayang kulit yang digelar Sanggar Bima Laras Kesugihan, Cilacap memberikan santunan kepada 41 anak yatim, baru-baru ini. Kegiatan sosial ini digelar bersama Pengurus Perhimpunan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Cilacap. Pemilik Sanggar Bima Laras, Ki Sigit Jono Saputro mengatakan, santunan diberikan kepada 41 anak terdiri dari wilayah Desa Kesugihan Lor, Cilacap. Santunan yang diberikan berupa paket sembako dan uang.

”Ini merupakan rasa syukur kami atas nikmat rezeki yang diberikan Allah. Semoga pentas wayang masih terus ada,” kata Sigit. Menurut dia, semenjak dahulu kesenian wayang sangat banyak melibatkan seniman.

Hal ini tentu saja menggerakkan perekonomian pelaku seni dan masyarakat. Adapun pentas pemberian santunan diberikan disela rehat Sanggar gladhen persiapan pentas menggarap iringan Talu dan Budalan. Ketua Pepadi Cilacap Sutarwin mengatakan, kepedulian para dalang kepada masyarakat yang kurang mampu ini menjadi contoh positif.

Mereka tentu semakin dekat dengan masyarakat. ”Harapannya bisa mendorong dalang muda lainnya yang masih terus aktif dan mengembangkan seni pedalangan di kabupaten ini,” ujarnya.(K35-60)


Baca Juga
Komentar