Pencapaian Argentina Tentukan Masa Depan Messi

SM/zimbio : Lionel Messi
SM/zimbio : Lionel Messi

MOSKWA- Piala Dunia 2018 menjadi sangat penting bagi Lionel Messi. Megabintang 30 tahun itu mengaku masa depannya bersama tim nasional akan ditentukan dengan pencapaian Argentina pada turnamen akbar empat tahunan tersebut.

Messi memang belum mampu mempersembahkan trofi juara buat Tim Tango. La Albiceleste dikalahkan Jerman 0-1 dalam final Piala Dunia empat tahun lalu, dan takluk pula pada dua final Copa America 2015 serta 2016. La Pulga (Si Kutu), julukan Messi, adalah pemain yang paling dikritik atas kegagalan Argentina.

Pasalnya, dia sudah begitu sukses di level klub dengan meraih segudang gelar bergengsi bersama Barcelona, dan menjadi Pemain Terbaik Dunia lima kali. Selepas sederet kegagalan itu, Leo memutuskan pensiun dari sepak bola internasional dua tahun silam, sebelum akhirnya menarik keputusan tersebut. Namun, setelah World Cup Rusia, dia tak bisa menjamin masih akan berseragam Tim Tango. ”Faktanya kami kalah pada tiga final yang menuntun pada momen-momen rumit dengan media Argentina, karena perbedaan-perbedaan dalam melihat apa artinya tentang mencapai sebuah partai puncak,” ungkap Messi. ‘’Mencapai final tiga kali harus diapresiasi, karena tak mudah untuk sampai ke sana,” tambahnya. Di Rusia, La Albiceleste tergabung pada Grup D bersama Islandia, Kroasia, dan Nigeria.

Islandia merupakan lawan yang paling mudah. Sementara Kroasia dan Nigeria bisa menjadi batu sandungan. ”Kami tidak iri dengan siapa pun. Kami siap berjuang untuk memberikan yang terbaik,” tegas Messi.

La Pulga memang membutuhkan pemain-pemain yang bisa menyatu dengan dirinya seperti ketika membela Barcelona. Chemistry itu jelas tidak mudah, dan butuh kerja keras. (sport, A7-17)


Berita Terkait
Baca Juga
Komentar