Balai Pengadilan Kerta Gosa

SM/Agung Mumpuni - Taman Gili Kerta Gosa
SM/Agung Mumpuni - Taman Gili Kerta Gosa

SAAT menuju Karangasem dari Denpasar, Anda bisa singgah ke Klungkung. Sebagai bekas kerajaan, Klungkung punya banyak peninggalan sejarah, antara lain Taman Gili Kerta Gosa, peninggalan Keraton Semarapura.

Bangunan itu berada di jantung kota Klungkung, berdekatan dengan Puri Agung Klungkung, pusat pemerintahan pada masa kerajaan dulu. Tak ada bukti tertulis kapan Kerta Gosa dibangun. Namun di pintu masuk utama terpahat candra sengkala berbunyi ” Cakra-Yuyu- Paksi-Paksi” .

Bila diartikan menjadi deretan angka 1-6-2-2, yang dapat disimpulkan Kerta Gosa dibangun pada 1622 Caka atau sekitar 1700 Masehi. Sang pembangun Ida I Dewa Agung Jambe. Pada 1908, hampir semua bangunan Kerajaan Klungkung hancur karena invasi Belanda.

Ada tiga bangunan tersisa, yakni Medal Agung (pintu gerbang utama), Bale Kambang (bangunan yang dikelilingi kolam, disebut Taman Gili), dan Bale Kertha Gosa. Dulu, Bale Kerta Gosa menjadi tempat diskusi mengenai situasi keamanan, keadilan, dan kemakmuran wilayah kerajaan serta tempat pengadilan.

Keunikan Bale Kambang dan Bale Kerta Gosa ada di langit-langit bangunan dengan lukisan wayang yang menggambarkan kasus yang disidangkan serta jenis hukuman bagi yang bersalah.

Lukisan wayang itu juga menceritakan hukum Karma Pahala, hukum sebab-akibat akibat baik-buruk perbuatan manusia selama hidup. Lukisan itu juga menggambarkan penjelmaan kembali manusia ke dunia untuk menebus dosa (reinkarnasi). Selain itu, ada museum berisi benda bersejarah peninggalan Kerajaan Klungkung dan benda dalam pengadilan adat tradisional Bali pada zaman dulu. (44)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar