Cegah Sakit Usai Lebaran

Budaya Lebaran di Indonesia biasanya diisi dengan saling silaturahmi dan menikmati beragam hidangan khas Lebaran, seperti opor ayam dan rendang. Masa berlibur yang cukup lama dan keinginan menyantap aneka hidangan menggugah selera, terkadang membuat lupa diri. Lupa memperhatikan kesehatan hingga akhirnya malah jatuh sakit. Beraneka ragam makanan yang disajikan terkadang membuat kita makan berlebihan.

Ibarat balas dendam karena menjalani puasa sebulan penuh, maka hari kemenagan dirayakan dengan bersuka cita dengan cara mengonsumsi apa saja yang menggugah selera. Selain makan dalam porsi besar atau jumlah banyak, padatnya acara membuat kita makan secara terburu-buru dan jam makan tidak teratur.

Makan secara berlebihan dan terburu- buru bisa berakibat maag kambuh. Kadar asam lambung menjadi tinggi, sehingga maag bisa kambuh atau jatuh sakit bagi yang belum memiliki riwayat sakit maag.

Selain itu, bisa juga mengganggu metabolisme tubuh. Terutama bila makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gula, karbohidrat atau lemak tinggi. ”Hal itu bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah atau kenaikan kasar lemak darah, dan bisa juga meningkatkan tekanan darah,” jelas dr Ika Vemilia Warlisti SpPD.

Ia lalu menambahkan, ”Bisa terjadi komplikasi (dari tekanan darah yang naik) berupa penyakit kardiovaskuler, misalnya stroke atau jantung koroner.” Selain menyantap makanan rumahan yang disajikan di rumah keluarga yang dikunjungi, salah satu kebiasaan yang dilakukan adalah berwisata kuliner dengan mencicipi makanan khas daerah yang dikunjungi. Hobi jajan tersebut terkadang membuat kita lupa memperhatikan kebersihan makanan ataupun tempat kita makan.

Hal itu bisa menyebabkan kita mengalami gangguan pencernaan, menjadi diare karena infeksi. ”Bisa juga sakit tifus karena kuman tifus seri yang ditularkan dari makanan yang terkontaminasi. Kemudian sakit hepatitis A, yang juga berasal dari penularan makanan yang terkontaminasi,” jelas internis Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) tersebut.

Kelelahan

Selain penyakit yang bisa timbul akibat makanan, penyakit juga bisa muncul akibat tubuh kelelahan. Baik lelah karena aktivitas Lebaran yang padat maupun karena perjalanan mudik. Sudah menjadi budaya di negara kita bahwa setiap Lebaran pasti ada momen mudik.

Perjalanan mudik yang panjang, baik menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api atau bus, maupun menggunakan kendaraan pribadi yang memakan waktu berjam-jam, tentu menimbulkan kelelahan. Ika memaparkan, kelelahan akibat mudik paling banyak menyebabkan keluhan pada jaringan lunak otot sendi dan tulang. Kelelahan itu bisa menjadi risiko kekambuhan penyakit kronik, seperti hipertensi, jantung yang menyebabkan bengkak-bengkak pada kaki dan sesak napas.

”Bisa juga menyebabkan penyakit paru kronik yang kambuh, seperti asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), yang gejalanya seperti batuk sesak dan mengi,” tuturnya.

Bila Anda melakukan perjalanan lama duduk di mobil, bus, kereta api atau pesawat, bila tidak melakukan stretching atau peregangan sesekali, bisa membuat pembuluh darah kaki tidak lancar, yang bisa mengakibatkan deep vein trombosis pada orang-orang yang berisiko. Bila Anda sudah mengetahui beragam risiko yang bisa timbul, bagaimana cara agar dapat menikmati libur secara tenang dan terbebas dari beragam penyakit tersebut?

Paling utama adalah selalu menjaga kebersihan, baik lingkungan maupun memperhatikan kebersihan makanan yang kita makan. Meskipun sudah tidak berpuasa, bukan berarti boleh balas dendam. Usahakan tidak makan dan minum secara berlebihan.

Bagi Anda yang menderita penyakit kronik, selain menjaga asupan makanan sesuai dengan yang disarankan dokter, minum obat secara teratur. Bila harus melakukan perjalanan jauh, regangkan tubuh sesekali untuk menghindari kekakuan otot dan beristirahatlah bila ada kesempatan. Tetap berolahraga saat sedang berlibur pun dianjurkan, meskipun hanya olahraga ringan. Dan, segera kunjungi petugas kesehatan apabila mengalami masalah dengan kesehatan Anda. (Irma Mutiara Manggia-49)

 


Berita Terkait
Baca Juga
Tirto.ID
Loading...
Komentar