Ganjar Nyadran di Makam Kiai Kharismatik

SM/dok  -  DI MAKAM LELUHUR : Calon gubernur Ganjar Pranowo nyadran di makam KH Hisyam AKarim, Rabu (16/5). (24)
SM/dok - DI MAKAM LELUHUR : Calon gubernur Ganjar Pranowo nyadran di makam KH Hisyam AKarim, Rabu (16/5). (24)

PURBALINGGA - Calon gubernur Ganjar Pranowo pulang kampung menjelang Ramadan. Sebagaimana masyarakat lainnya, nyadran di makam leluhur menjadi tradisi tahunan di keluarga besar suami Siti Atikoh Supriyanti tersebut, khususnya di makam KH Hisyam AKarim.

Bersama keluarga besar, Ganjar berziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholikhin, Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga.

Kiai Hisyam merupakan kakek Siti Atikoh. ”Tradisi setiap tahun dalam keluarga saya untuk mendoakan orang tua yang sudah meninggal. Ini pesan buat yang masih hidup, bahwa kita nanti akan mati,” kata Ganjar, Rabu (16/5).

Setelah menyapa warga, keluarga besar Ganjar membersihkan makam para leluhur di belakang pondok. Tentang Mbah Hisyam, meskipun tidak pernah bertemu secara langsung, Ganjar menilai almarhum sangat alim dan kharismatik.

Kealiman KH Hisyam masyhur di kalangan kiai Nusantara, sehingga banyak yang nyantri di Kalijaran. ”Cara mereka menghormati Mbah Hisyam luar biasa,” ujarnya.

Kekaguman Ganjar pada KH Hisyam tidak berhenti sampai di situ. Menurut cerita yang dia dengar dari istrinya, Mbah Hisyam menunaikan ibadah haji sampai tujuh kali.

Ia berharapan, dengan berkah dari Kiai Hisyam, Ponpes Sukawarah Roudlotus Sholikhin semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya yang berada di Purbalingga, Banyumas, dan sekitarnya.

”Pondok pesantren ini bisa kembali mengulang kejayaan Mbah Hisyam saat mengasuh. Banyak santri, banyak yang ngaji di sini.

Karena bagian dari keluarga ini, saya membantu dan mendorong agar berhubungan dengan siapa pun seperti dalam program deradikalisasi dan pembangunan karakter,’’ paparnya. (G2,ftp-19)


Berita Terkait
Komentar