Marquez Bertekad Jaga Tren Positif

AALST - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, bertekad melanjutkan hasil positif dalam balapan GP Prancis di Sirkuit Le Mans, akhir pekan ini. Dalam seri sebelumnya, pembalap berjuluk The Baby Aliens ini sukses memenangi balapan sehingga memuncaki klasemen sementara pembalap musim ini. Namun, untuk meraih hasil positif di GP Prancis, diakui Marquez tidak mudah. Dalam dua balapan terakhir di Sirkuit Le Mans, pembalap asal Spanyol tersebut menorehkan hasil jeblik. Pada 2016 dia hanya finis di posisi ke-13 lantaran terlibat kecelakaan dengan Andrea Dovizioso dari Ducati saat balapan menyisakan 13 lap.

Adapun pada 2017, Marquez gagal menyelesaikan balapan setelah mengalami kecelakaan pada lap ke-18. “Le Mans adalah lintasan yang membuat kami harus bekerja keras. Karena itu kami harus melakukan yang terbaik untuk mencoba dan menjaga momentum yang baik,” ungkap Marquez.

Tetapi, bukan berarti Marquez tidak pernah naik podium di sirkuit yang punya panjang lintasan 4,1 km tersebut. Pada 2013, juara dunia MotoGP empat kali itu pernah naik podium ketiga dan dilanjutkan dengan kemenangan pada musim 2014. “Di masa lalu, kami dapat menang atau naik podium di sana dalam beberapa kesempatan. Dan di lain waktu, kami berjuang untuk menyamai kecepatan. Tetapi seperti yang selalu saya katakan, setiap musim berbeda,” ujar Marquez.

Tantangan

Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, juga menilai Sirkuit Le Mans penuh tantangan. Dan, tantangan utama dalam balapan di GP Prancis tersebut adalah cuaca. Pedrosa dituntut putar otak untuk menyiasati cuaca ektrem di sana. Kadang-kadang cuaca bisa berubah menjadi sangat dingin. Karena itu, kejelian dalam memilih ban sangat diperlukan untuk bisa memaksimalkan laju motor. “GP Prancis selalu menghadirkan banyak tantangan. Dimulai dengan cuaca yang bisa sangat tidak terduga. Suhu mungkin rendah, yang dapat menyebabkan tantangan dengan ban. Kami akan mencoba mempertahankan fokus kami dan memiliki balapan yang bagus,” kata Pedrosa.

Jika berkaca pada musimmusim sebelumnya, Pedrosa pernah satu kali memenangi balapan GP Prancis pada musim 2013. Adapun untuk naik podium, tercatat ia telah mengoleksi empat podium. Satu di antaranya pada musim lalu. (rtr, H13-47)


Baca Juga
Komentar