Ribuan Liter Miras Dimusnahkan

WONOGIRI - Polres Wonogiri memusnahkan ratusan botol minuman keras (miras) di halaman Pendapa Kabupaten Wonogiri, Rabu (16/5). Miras-miras tersebut merupakan barang bukti dari hasil operasi penyakit masyarakat (pekat) menjelang Ramadan.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede mengatakan, operasi pekat gencar dilaksanakan selama sebulan belakangan ini. Pasalnya, telah banyak korban akibat keracunan miras oplosan. Salah satunya terjadi di Jawa Barat dengan korban jiwa hingga puluhan orang. Selama operasi pekat tersebut, pihaknya menyita 247 botol miras dari berbagai jenis atau merek dan sebanyak 1.413 liter miras jenis ciu. Barang bukti berupa 610 butir narkotika dan 86 butir psikotropika juga berhasil diamankan.

Selain itu, pihaknya menangkap 17 orang pejudi, delapan orang pelaku cabul, 12 orang pelaku penyalahgunaan narkoba, dan 36 orang pengamen. Untuk pengamen diberi pembinaan.

Dia mengungkapkan, saat ini operasi pekat masih terus dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. ''Apalagi sebentar bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Kemudian juga ada momentum Pilgub. Semoga dapat berjalan aman dan kondusif,'' tegasnya.

Tingkatkan Kewaspadaan

Dia juga berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masingmasing. Polres baru-baru ini telah mengungkap kasus pencurian sepeda motor. Pelaku berkeliling untuk mengincar sepeda motor yang kuncinya masih tertinggal. Seorang pelaku yang telah diamankan polisi mengaku melancarkan aksinya itu di empat lokasi.

Kapolres meminta seluruh masyarakat untuk menjaga kondusifitas dan toleransi selama Ramadan. ''Pelaku tempat hiburan juga harus menaati peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.'' Dia berharap tidak ada aksi sweeping dan main hakim sendiri. Jika melihat perilaku yang melanggar hukum, masyarakat diminta melapor ke kepolisian agar segera ditindaklanjuti. (J11-62)


Berita Terkait