Kesetiakawanan Harus Diperkuat

SUKOHARJO- Hari orang tua dan kesetiakawanan sosial diminta lebih diperkuat menyikapi bom bunuh diri yang dilakukan tiga keluarga di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim). Psikolog dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Soleh Amini Yahman memaparkan, kejadian bom bunuh diri yang mengikutsertakan anak-anak, bisa berdampak pada sisi psikologi keluarga. Mengingat orang tua, yakni bapak dan ibu yang seharusnya menjaga anak-anaknya, justru tega membuat buah hatinya terbunuh dalam aksi itu. ”Ada dampak ke masyarakat. Kemudian timbul kengerian. Harusnya kepala keluarga menjaga baik keluarganya,” ujarnya, Rabu (16/5).

Soleh menjelaskan, apa yang dilakukan pelaku bom bunuh diri dengan mengikutsertakan anak-anak tidak bisa dibenarkan, sehingga harus menjadi perhatian serius semua pihak. Tidak hanya pemerintah, tetapi lingkungan masyarakat dan komunitas- komunitas keluarga. Di antaranya untuk menangkal radiasi dari dampak tersebut, dengan menguatkan hari orang tua dan kesetiakawanan sosial. ”Ini pekerjaan rumah bersama, kuatkan jati diri keluarga dan sosial,” jelas dia.

Kesepian

Dia menduga, apa yang dilakukan di Surabaya dan Sidoarjo itu, karena sosok orang tua tersebut mengalami kesepian di tengah keramaian. Maka dengan mudahnya melakukan perbuatan yang mengakibatkan anak-anaknya ikut terbunuh. Begitu juga dengan korban dari masyarakat.

Dia berharap sendi-sendi utama pendidikan pertama bagi anak di keluarga harus diperkuat. ”Keluarga, pendidikan dan masyarakat harus singkron. Ini tugas bersama, tidak hanya pemerintah,” terangnya.

Ketua Lembaga Studi Islam dan Perdamaian (LSIP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Zainul Abas berharap kejadian yang memakan korban tersebut tidak terjadi lagi. Dia juga menyayangkan, ada orang tua yang tega mengikutsertakan anak-anak terbunuh dalam perbuatan yang keji tersebut. Selain keluarga, komunitas-komunitas antar umat agama juga lebih giat menyebarkan energi positif untuk menangkal paham terorisme tersebut. (H80-62)


Berita Terkait
Komentar