Enam Jalan Akan Diaspal Ulang

H-7 Lebaran Dipastikan Selesai

SUKOHARJO- Enam jalan lintas antar daerah yang rusak parah di sejumlah kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, akan diaspal ulang minggu ini. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Suraji menyatakan, ada belasan jalan yang bakal diperbaiki.

Namun enam di antaranya masuk dalam ketegori rusak berat, sehingga akan didahulukan perbaikannya dan mengingat jalan tersebut di antaranya menjadi jalur lintas kabupaten/kota. ”Lelang baru saja selesai pengumuman. Tetapi khusus enam jalan yang rusak berat, menjadi perhatian dan didahulukan. Pemenang lelang diminta segera kerja,” ujar dia, Rabu (16/5).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, sejumlah jalan yang masuk ketegori rusak berat itu, di antaranya Jalan Raya Solo Baru-Klaten, perbatasan Kecamatan Grogol dengan Baki, Jalan Raya Bekonang, Kecamatan Mojolaban dan Jalan Mulur-Sidan, Kecamatan Bendosari. Dia memastikan minggu ini perbaikan dimulai. ”Yang rusak berat, akan diaspal ulang karena aspal telah mengelupas hingga berlubang. Soalnya beberapa bulan lalu dihantam musim hujan,” jelasnya.

Koordinasi dengan Dishub

Dia memastikan, selain pengawasan terhadap pekerjaan jalan oleh kontraktor, pihaknya juga terus berkomunikasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polres. Mengingat tidak lama lagi biasanya ada edaran dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang meminta agar perbaikan atau proyek fisik harus selesai H-7 Lebaran. ”Sebelum H-7 Lebaran, semua proyek di jalanan Kota Makmur sudah pasti selesai. Kami jamin itu. Makanya pekerjaan-pekerjaan yang berat didahulukan,” tegasnya.

Seorang pengendara di Jalan Raya Solo Baru-Klaten, Harno (39) menyambut baik adanya perbaikan jalan. Pasalnya, selama ini kondisi jalan yang rusak membahayakan pengendara. Dia berharap juga ada pemangkasan pepohonan di jalur lintas kabupaten/kota. (H80-62)


Berita Terkait