USB Tingkatkan Prestasi Akademik dan Nonakademik

SOLO - Universitas Setia Budi (USB) Surakarta mendorong mahasiswanya untuk mengasah softskill. Sebab menurut Wakil Rektor Bidang Akademik USB Dr Peni Pujiastuti MSi, kemampuan akademik lulusan tidak akan banyak bermanfaat di bursa kerja tanpa disertai ketrampilan softskill yang memadai. ”Kami membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mahasiswa dalam mengasah softskill di kampus.

Di kampus USB, softskill merupakan hidden curriculum,” kata Peni kepada wartawan di sela-sela kegiatan wisuda program pascasarjana, sarjana dan ahli madya yang diikuti 87 lulusan di Gedung Wanita Sasana Krida Kusuma.

Selain dibekali softskill, lanjut Peni, USB juga menyiapkan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI), ijazah maupun transkrip nilai dual bahasa dan penomoran ijazah nasional (PIN). Ia mengungkapkan bahwa sesuai dengan Permenristekdikti No 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Pasal 7 ayat (6) huruf e mengenai Nomor Ijazah Nasional, maka mulai Wisuda Periode I Tahun 2018 ini, USB sudah menggunakan sistem PIN dan nomor ijazah yang pernah diterbitkan dapat diverifikasi melalui Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil). Rektor USB Dr Ir Djoni Tarigan MBA dalam sambutannya mengemukakan jika dalam beberapa waktu terakhir iniUSB memperoleh prestasi yang cukup membanggakan. Mahasiswa USB telah mencapai berbagai prestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional di antaranya. Salah satunya adalah terdapat 3 proposal Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang berhasil didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti.

Selain itu, sebanyak 2 tim mahasiswa USB lolos didanai Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) tahun 2017, dengan total dana Rp 48.000.000. Pada tahun lalu, dua mahasiswa USB juga mengikuti Student Exchange Programme (Ex-Pro) 2017 di University of Malaya, Kuala Lumpur. Tidak hanya di bidang akademik, di bidang olah raga, tim futsal USB meraih juara 1 di Liga of Medical Student 2017 di FKG UMS. Pada tahun akademik 2017/2018 jumlah mahasiswa terdaftar di PTS tersebut sebanyak 2.929 mahasiswa. Sampai saat ini USB sudah meluluskan sebanyak 15.094 orang alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan berkarya baik di instansi pemerintah, swasta maupun sebagai wirausahawan.(G18-21)