Warga Nglancing Gelar Kampoeng Ramadan

SM/Khalid Yogi : MENDEKORASI KAMPUNG : Warga mendekorasi Kampoeng Ramadan di Dusun Nglancing dan Ngelorejo, Desa Watangrejo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (21)
SM/Khalid Yogi : MENDEKORASI KAMPUNG : Warga mendekorasi Kampoeng Ramadan di Dusun Nglancing dan Ngelorejo, Desa Watangrejo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (21)

WONOGIRI- Bulan Ramadan menjadi momentum yang istimewa untuk warga Dusun Nglancing dan Ngelorejo, Desa Watangrejo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Mereka menyambut Ramadan dengan cara yang lebih meriah dan semarak. Ya, warga dusun tersebut menciptakan Kampoeng Ramadan dengan menggelar berbagai kegiatan. Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan menjelang datangnya bulan puasa. Yakni menggelar tabligh akbar dan grand opening Kampoeng Ramadan.

Ketua Remaja Masjid Fastabihul Khoirot Nglancing-Ngelorejo, Eko Teguh Wiyono mengatakan, tabligh akbar telah dilaksanakan di dusun tersebut 29 April lalu. Jamaah yang hadir saat itu mencapai sekitar 1.700 orang. Selanjutnya, mereka menggelar grand opening Kampoeng Ramadan pada 10 Mei lalu yang dihadiri Kepala Desa Watangrejo Hermadi, Sekretaris Kecamatan Pracimantoro Sumanto, Danramil 13/Pracimantoro Kapten Cba Budi Waluyo, anggota Polsek Pracimantoro Ipda Syam Hadi dan Ipda Purwanto, kepala KUAPracimantoro Maryono, dan para kepala desa se- Kecamatan Pracimantoro. Kampoeng Ramadan digelar sebagai salah satu bentuk syukur kepada Allah Swt, agar bisa menyambut bulan puasa dengan hati gembira. Pihaknya berharap Kampoeng Ramadan bisa mempertebal iman dan taqwa dengan memperbanyak ibadah sesuai tuntunan agama Islam. ”Dua acara tersebut merupakan kegiatan besar Kampoeng Ramadan. Selain itu, kami juga melaksanakan kegiatan-kegiatan kecil menjelang Ramadan,” katanya.

Kegiatan antara lain pembangunan gapura Kampoeng Ramadan, membangun gapura masuk lingkungan masjid, menghias jalan menuju masjid, pemasangan spanduk dan umbul-umbul, kerja bakti jumat bersih, hingga membersihkan dan mendekorasi masjid. Seluruh lapisan masyarakat, dari anak-anak, remaja hingga orang tua turut bekerja bakti sebagai persiapan menyambut Ramadan. Mereka tampak antusias menghias kampungnya dengan berbagai bentuk umbul-umbul berwarna-warni. Sebagian warga lain juga bersemangat membersihkan masjid untuk persiapan shalat Tarawih dan kegiatan keagamaan lain selama Ramadan. ”Warga sangat antusias membersihkan karpet masjid dan memasang lampu hias di lingkungan masjid,” ujarnya.

Adapun kegiatan-kegiatan keagamaan selama Ramadan nanti akan dipusatkan di masjid. Antara lain dengan menggelar tadarus Alquran sehabis shalat Isya dan Tarawih, sahur dan buka puasa bersama, Taman Pengajian Alquran (TPA) hingga pelatihan manajemen masjid. ”Kami membagi peserta menjadi empat, yakni peserta anak-anak, remaja, bapak/ibu, dan peserta umum,” terangnya.

Selain itu, pihaknya akan mengadakan kegiatan sosial berupa bantuan untuk warga miskin. Kampoeng Ramadan rencananya dimeriahkan dengan menggelar takbiran keliling desa pada malam menjelang Idul Fitri mendatang. ”Kami berencana mengadakan pawai takbiran keliling desa,” imbuhnya. (J11-21)


Berita Terkait
Komentar