11 Simpang Sebidang Jadi Perhatian

Tol Kartasura-Salatiga

SM/Setyo Wiyono : PROSES PENYELESAIAN : Jalur tol Salatiga-Kartasura di ruas Denggungan, Banyudono, Boyolali memasuki masa penyelesaian pekerjaan fisik untuk menyambut arus mudik balik 2018.(21)
SM/Setyo Wiyono : PROSES PENYELESAIAN : Jalur tol Salatiga-Kartasura di ruas Denggungan, Banyudono, Boyolali memasuki masa penyelesaian pekerjaan fisik untuk menyambut arus mudik balik 2018.(21)

BOYOLALI -Belasan persimpangan sebidang yang menghubungkan jalan wilayah dengan jalur tol Salatiga-Kartasura menjadi perhatian, jelang fungsional tol sambut arus mudik balik. Pelaksana tol memfokuskan perhatian ke simpang ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan warga dan pemudik selama fungsional tol berlangsung.

Berdasarkan catatan pelaksana tol, PT Jasa Marga Solo Ngawi dan PTWaskita Karya Tbk, ada sekitar 11 simpang di sepanjang 32 km jalur tol yang harus mendapatkan perhatian. ”Ada 11 jalan milik kabupaten, jalan desa dan jalan warga dengan bersimpangan langsung dengan jalur tol (Salatiga-Kartasura). Simpangsimpang jalan ini masih aktif sehingga perlu perhatian di situ saat difungsionalkan,” kata Edy Broto, pimpinan proyek tol Salatiga-Kartasura, kemarin.

Perhatian yang diberikan antara lain adalah memperbaiki akses yang mudah bagi pengguna jalan saat masuk persimpangan, memberikan rambu-rambu sementara, serta penempatan petugas.

Khusus penyebaran petugas penjaga persimpangan akan diberlakukan selama tol difungsionalkan, bisa dari pelaksana tol atau warga yang direkrut dan petugas keamanan seperti linmas atau kepolisian. Edy mengatakan, penambahan rambu-rambu sementara adalah memberikan perhatian kepada pengguna jalan bahwa aktivitas tol cukup tinggi. ”Pastinya ada penempatan petugas dan pemasangan rambu. Petugas yang disebar di simpang-simpang ini yang akan mengamankan jalur termasuk keluar masuknya kendaraan proyek,” imbuhnya.

Manager Teknik PTJSN Aryo Gunanto menambahkan, teknis perberlakuan fungsional tol Salatiga-Kartasura- tak jauh berbeda dengan mode yang pada Lebaran 2017. Kendaraan yang boleh melintas adalah kendaraan kecil. Ada batas waktu pemberlakukan tol dan pola pengamanan khususnya di pintu tol dan persimpangan tol. (J5-21)


Berita Terkait
Komentar