Sahabat Suara Merdeka

Menyangga Wisata Jateng

SM/Dini Failasufa : JAJARAN Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jateng bersinergi dengan Sahabat Suara Merdeka saat Forum Group Discussion (FDG) bersama di Hotel Grasia, kemarin.(22)
SM/Dini Failasufa : JAJARAN Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jateng bersinergi dengan Sahabat Suara Merdeka saat Forum Group Discussion (FDG) bersama di Hotel Grasia, kemarin.(22)

SEMARANG - Wisata Jateng diperkuat dengan adanya Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Tengah. Melalui badan yang dibentuk berdasar UU No 11 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan pada Desember 2015 itu memiliki sembilan unsur.

Mereka mengisi badan yang berada di bawah Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diporapar) Provinsi Jawa Tengah. Hal itu untuk menyangga kekuatan pariwisata di 35 kabupaten/kota. ’’Meliputi empat asosiasi pariwisata, dua asosiasi profesi, satu asosiasi airline, dan dua akademisi,’’ kata Ketua Penentu Kebijakan BPPD Jawa Tengah, Heru Isnawan saat pertemuan Sahabat Suara Merdeka di Hotel Grasia, Rabu (16/5).

Sekretariat BPPD Jawa Tengah berada di lantai 2 Ruko Setiabudi Square, Jalan Setiabudi No 12. Bersama tim pelaksana, mereka semakin mantap bereksistensi dengan laman daring www.cjtb.or.id serta media sosial. ’’Kami bergerak di bidang pariwisata Jawa Tengah untuk dijual di tingkat nasional maupun internasional,’’ terangnya.

Ketua Pelaksana BPPD Jateng, Sugeng Sugiantoro mengatakan, pendirian BPPD Jawa Tengah diperkuat dengan Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 8 Tahun 2011. Misinya antara lain mengomunikasikan keunikan pariwisata Jawa Tengah ke pasar yang sesuai, mengembangkan kemitraan dengan asosiasi pariwisata dan agen perjalanan, aktif berpartisipasi dalam acara perjalanan nasional maupun internasional, memperluas promosi, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. ’’Kami melakukan kegiatan atas unsur kebijakan. Keberadaan kami sudah seharusnya didukung, karena masyarakat tidak banyak yang tahu tentang BPPD. Idealnya, sebelum pemerintah mendukung kegiatan yang berkaitan tentang pariwisata, kami diikutsertakan,’’ungkapnya.

Adapun fungsi yang diusung ialah meningkatkan kedatangan turis, baik domestik maupun asing ke Jawa Tengah dengan menawarkan pengalaman tentang keaslian Jawa.

Pusat Informasi

Selain itu, menciptakan citra pariwisata, dan mempromosikannya, serta berkomitmen menjadi mitra yang paling bisa diandalkan secara profesional. Kemudian, mengakomodasi persyaratan dari seluruh mitra untuk pengembangan pariwisata dan memfasilitasi pusat informasi pariwisata. Tak hanya itu, mereka juga bekerja sama dengan pemegang saham pariwisata, serta menjadi inisiator acara promosi pariwisata. ’’Kami terdiri dari 100 persen sukarelawan. Informasi pada tahun ini lebih lengkap, supaya tupoksi bisa dijalankan dengan baik. Dalam laman daring kami sudah ada 20 informasi tentang destinasi pariwisata. Bersama dukungan pemerintah dan media, tugas kami akan berjalan lebih bagus,’’tuturnya.

Pemimpin Redaksi Suara Merdeka, Gunawan Permadi menerangkan, di semua kanal Suara Merdeka Network, ada informasi tentang pariwisata, termasuk Wawasan, Suara Merdeka, suaramerdeka.com, dan boloku. id. ’’Ini adalah pertemuan untuk saling memberi masukan. Diskusi bersama untuk kepentingan masyarakat dan pariwisata,’’ ujar Gunawan.( dni, akv-22)


Berita Terkait
Komentar