BBWS Minta Bantuan Pengamanan

GROBOGAN - Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana, akan meminta bantuan pengamanan waduk-waduk di wilayah kerjanya, kepada Menteri PUPR dan instansi terkait lainnya.

Permintaan itu disampaikan kepada Kementerian PUPR dan instansi terkait lainnya, menyusul banyaknya aksi terorisme di sejumlah tempat. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana Rubhan, mengatakan surat tersebut akan dikirimkan ke Kementerian dan instansi terkait lainnya.

Pihaknya mengaku khawatir, bila sasaran terorisme mengarah pada waduk. ”Salah satunya adalah Waduk Kedungombo yang berlokasi di tiga kabupaten, yakni Grobogan, Boyolali, Sragen. Jika waduk ini sampai rusak, dampaknya bisa mencapai Kudus, Demak, Jepara dan Pati,” jelasnya.

Menurutnya, Waduk Kedungombo mampu menampung air sebanyak 700 juta meter kubik. Air tersebut mampu mengaliri jaringan irigasi di Grobogan, Kudus, Jepara, Pati, dan Demak. Pihaknya sudah menutup lokasi wisata Waduk Kedungombo secara permanen. Tempat wisata yang semula di badan bendungan, dialihkan ke Kedung Cinta, wilayah Perum Perhutani Divre Jateng. Itu dilakukan agar badan bendungan steril. ”Sekarang ini keamanan negara tengah terancam, dengan adanya aksi terorisme. Targetnya pun tidak bisa diprediksi. Kami khawatir, waduk-waduk berskala besar menjadi sasaran penyerangan,” katanya. Dirinya pun membandingkan dengan pengamanan waduk di negara tetangga.

Menurutnya, standar pengamanan waduk di negara tetangga sudah dilakukan oleh militer. Dengan begitu, tidak sembarang orang bisa masuk ke area waduk. ”Keamanan masih kami lakukan secara internal. Saya harap surat usulan ini menjadi perhatian dan dapat terealisasi. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi khawatir dengan keamanan waduk ini,” ujarnya. (zul-42)


Berita Terkait
Komentar