Advokasi untuk Warga Miskin Diprioritaskan

LBH Ikadin Dikukuhkan

SEMARANG - Kepengurusan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jateng yang berjumlah 40 orang, dikukuhkan di Hotel Pandanaran, Rabu (16/5). Advokat Herry Darman dilantik menjadi direktur LBH Ikadin Jateng, dengan sekretaris, Muslimin.

Ketua DPD Ikadin Jateng, Rangkey Margana berharap, pembentukan LBH organisasinya ini mampu memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat tak mampu. ”Dalam rapat DPD Ikadin Jateng, beberapa hari lalu, LBH ini sepakat untuk bisa memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat tak mampu. Kami berharap, LBH ini mampu menunjukkan semangat menangani masyarakat miskin yang berhadapan dengan hukum, selayaknya mengawal kliennya yang privat,” ujar Rangkey saat memberikan sambutan.

Di sisi lain, Herry menegaskan, LBH Ikadin sebagai lembaga non profit yang didirikan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat tak mampu agar bisa memperoleh keadilan. Ia mengemukakan, pihaknya akan sekuat tenaga mewujudkan program-programnya membantu masyarakat kecil. Selain itu, LBH juga akan mencanangkan program edukasi hukum kepada masyarakat.

Harapannya, masyarakat bisa sadar hukum dan mengetahui bagaimana hukum ditegakkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hadir dalam kesempatan ini, Dewan Penyantun LBH Ikadin Jateng Imam Suroso.

Pembina LBH Ikadin, Sutan M Rofian menegaskan, lembaga ini sebenarnya sudah lama terbentuk, tapi baru kemarin dikukuhkan. ”Contoh advokasi masyarakat kurang mampu dilakukan di Kebonharjo, Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara. Dalam waktu dekat, kami juga akan mengadvokasi warga Kendal dalam perkara terkait proyek pembangunan jalan tol Batang- Semarang,” jelas Rofian, sekretaris DPD Ikadin Jateng. (J17-48)


Berita Terkait
Komentar