Siap-Siap Merengkuh Berkah Ramadan

SM/Dini Failasufa : MENGUNJUNGI MAJT : Warga mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), kemarin. (48)
SM/Dini Failasufa : MENGUNJUNGI MAJT : Warga mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), kemarin. (48)

Bulan Suci Ramadan telah tiba. Muslim di berbagai daerah, termasuk Kota Semarang mulai menjalankan puasa sejak imsak hingga beduk magrib. Sejumlah masjid menggelar kegiatan untuk mengajak partisipasi masyarakat sekitar agar selama sebulan penuh terasa lebih bermakna.

SELAIN menggelar Shalat Tarawih, Masjid Raya Baiturrahman Semarang juga akan menggelar lomba pidato bahasa Arab. Lomba yang digelar Ikatan Remaja Masjid Raya Baiturrahman Semarang (Ikamaba), Bidang Wanita dan Remaja tersebut diperuntukkan bagi pelajar SMA, MAsederajat, serta pondok pesantren se-Jateng.

Mereka bersiap-siap merengkuh berkah di bulan Ramadan. Rencananya, kegiatan akan digelar di aula Masjid Raya Baiturrahman pada 1 Juni. ”Lomba pidato bahasa Arab ini bertema Membangun Peradaban dengan Bahasa Alquran. Rencananya juga akan digelar pesantren bagi anak SD dan SMP,” kata Wakil Sekretaris Panitia Amalan Ramadan di Masjid Raya Baiturahman Jateng, Ahyani ditemui di kantor menara Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam, kompleks Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Rabu (16/5).

Selain itu, menu takjil (buka) juga disediakan oleh para donatur dan wali murid SD Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Adapun, bagi Organisasi Bina Wanita menyelenggarakan lomba dongeng, baca surat pendek, bakti sosial, dan bazar murah pada 20 Mei. Kegiatan tarawih akan diisi oleh imam dan penceramah yang berbeda. Ceramah kultum akan dilakukan setelah rakaat kedelapan. Imam dan penceramah berbeda juga dilaksanakan saat Shalat Subuh. Adapun pengajian bakda Subuh digelar menjelang Ramadan hingga 25 Ramadan.

”Sebenarnya persiapan kegiatan Ramadan telah kami gelar saat Dugderan di lapangan Pancasila, Simpanglima, Senin (13/5). Panitia acara berasal dari pemkot dan Masjid Baiturahman,” kata Ahyani.

Tafsir Alquran

Sementara di Masjid Agung Semarang, atau disebut Masjid Kauman akan menggelar pengajian semaan dan tafsir Alquran yang dibimbing Kiai Ahmad Naqib Nur Alhafidz. Pelaksanaannya setelah zuhur hingga azar. Selain itu, akan ada santri penghafal Alquran atau hafidz dari pondok pesantren di sekitar masjid, yang akan membantu masyarakat memperlancar bacaan Alquran. ”Ramadan ini, kami juga menyediakan takjil dengan air minum zamzam. Disediakan bagi mereka yang berbuka puasa di Masjid Kauman Semarang. Air tersebut merupakan hasil sedekah dari para takmir masjid,” imbuh Ketua Amaliyah Ramadan Masjid Kauman Semarang, Ubaidillah, kemarin.

Adapun di Masjid Agung Jawa Tengah, akan menggelar kajian keagamaan menjelang buka puasa. Kemudian menggelar kajian Kitab Kitab Nashaikhul Ibad mulai Bab I sampai Bab X, serta kajian Tafsir Tematik. Tempatnya berada di ruang utama shalat MAJT. ”Dimulai setelah shalat zuhur sampai pukul 12.30. Sejumlah kiai akan mengisi kajian ini seperti, KH Dzikron Abdullah, KH Hadlor Ihsan, KH Ahmad Izzudin dan sejumlah tokoh agama tingkat Jateng lainnya,” ujar Humas MAJT, Beni Hidayat, kemarin.

Selain kedua kajian tersebut, lanjut dia, MAJT juga menggelar kuliah tujuh menit (kultum). Kultum ini berlangsung setelah salat Subuh. ”Untuk pengisi kultum sama dengan pembecira-pembicara sebelumnya. MAJT juga menyediakan takjil selama Ramadan,” kata Beni.

Belum lama ini, MAJT juga menerima bantuan 2 ton kurma dari Telkomsel. Bantuan kurma tersebut akan didistribusikan kepada umat. Selain di MAJT juga akan didistribusikan melalui Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Kauman Semarang dan masjid-masjid di sekitar MAJT. (M Arif Prayoga, Siswo Ariwibowo, Hendra Setiawan-48)