Langkah Gemulai Petarung Ulung

Nurul Widia Wijayanti
Nurul Widia Wijayanti

MESKI berpenampilan santun, Nurul Widia Wijayanti ternyata menyimpan kekuatan terpendam. Sekilas, tak mudah diketahui di balik langkah gemulainya, dia mahir menjatuhkan lawan. Maka janganlah meremehkan apalagi mengganggu remaja putri ini apabila tak ingin terempas, sebagaimana yang kerap dilakukannya kepada lawan di atas matras.

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip ini, memang dikenal sebagai pesilat ulung. Darah petarung mengaliri tubuhnya, semenjak tekun melestarikan budaya warisan leluhur. ”Saya anggota Pencak Silat Perisai Diri.

Selain sebagai usaha melestarikan seni dan tradisi, ketertarikan dalam dunia bela diri juga sebagai ajang olah raga untuk tubuh,” tutur perempuan berhijab tersebut. Namun tak hanya sehat jasmani dan rohani, aktif di dunia kependekaran malah membuatnya banyak mendulang prestasi.

Belum lama ini, Nurul berhasil menempati peringkat kedua pada nomor seni beregu putri dewasa pada Kejuaraan Internasional Pencak Silat Perisai Diri 2017 dengan tema Perisai Diri of The Next World Class Silat Generation, di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Malang Jawa Timur.

Kejuaraan ini diikuti oleh 436 pesilat dari empat negara yaitu Indonesia, Australia, Timor Leste dan Jepang. Indonesia mengirim 19 kontingen berasal dari pengurus daerah di Indonesia.

Nurul tergabung dalam kontingen Jawa Tengah. Mahasiswi yang bercita-cita sebagai ahli kesehatan masyarakat itu mengikuti beberapa nomor pertandingan. Kategori seni tunggal putri dewasa, seni beregu putri dewasa, dan kerapian teknik kipas putri.

Keberhasilan Nurul dalam ajang internasional ini tidak terlepas dari latihan yang dilakukan secara serius. Sebelum pertandingan dia bersiap dalam pemusatan latihan untuk mengasah fisik dan keterampilan.

Pemusatan latihan berlangsung sebulan dan hanya libur pada hari Jumat. Dalam waktu-waktu tersebut, Nurul berlatih dari pukul 05.00-06.00, lalu malam hari pukul 19.00-21.00. Prestasi yang diraih Nurul ini menambah deretan prestasi yang dicapai mahasiswa FKM Undip di level internasional. (54)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar