Marquez Geser Dovizioso

JEREZ - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memenangi balapan MotoGP seri keempat di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5) malam WIB. Hasil ini membuat pembalap asal Spanyol tersebut menggeser pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, di puncak klasemen sementara pembalap. Bagi Marquez, ini merupakan kemenangan kedua secara beruntun dari empat seri. Sebelumnya, dia memenangi balapan GP Amerika.

Tambahan 25 poin ini membuat Marquez kini memuncaki klasemen dengan perolehan 70 poin. Adapun Dovizioso yang dalam balapan kemarin terlibat insiden tabrakan dengan pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa dan rekan setimnya di Ducati Jorge Lorenzo, turun ke peringkat kelima klasemen dengan nilai 46. Sejatinya, balapan kemarin berjalan cukup ketat.

Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, yang menduduki pole position, gagal mempertahankan posisinya. Saat balapan baru dimulai, posisi pertama pun langsung diambil alih oleh pembalap Ducati, Jorge Lorenzo.

Persaingan posisi depan pun melibatkan Lorenzo, Pedrosa, dan Marquez yang saat start menduduki posisi kelima. Namun, pada lap ke- 17, posisi terdepan diambil alih Marquez lantaran Lorenzo melakukan kesalahan dengan terlalu melebar saat mengambil tikungan. Saat balapan menyisakan sepuluh lap, Marquez mulai menjauh dari kejaran Lorenzo, Dovizioso, dan Pedrosa. Juara bertahan MotoGP itu memimpin GP Spanyol hingga lebih dari satu detik.

Drama kemudian terjadi di lap ke- 18. Dovizioso, Lorenzo, dan Pedrosa mengalami kecelakaan bersamaan yang membuat ketiga pembalap itu gagal menyelesaikan balapan.

Tak Salahkan Siapapun

Kecelakaan berawal Dovizioso yang melebar di tikungan enam. Lorenzo berusaha memanfaatkan kesalahan itu dengan mengambil alih posisi kedua. Tapi, Lorenzo kemudian menyenggol Pedrosa yang masuk di sisi dalam. Mantan pembalap Yamaha ini kehilangan keseimbangan dan menyenggol Dovizioso.

Lorenzo dan Dovizioso akhirnya terjatuh, sementara Pedrosa juga kehilangan keseimbangan dan sempat terpental di udara. Insiden tersebut memberi keuntungan pada Johann Zarco dan Andrea Iannone yang menyodok ke peringkat kedua dan ketiga. Marc Marquez yang sudah unggul jauh di depan pun sukses mengakhiri balapan dengan menginjak garis finis pertama. Seusai balapan, Dovizioso enggan menyalahkan siapa-siapa atas insiden tersebut.

”Jorge dan Dani sama-sama pada limitnya. Saya tak menyalahkan siapa pun. Tapi mereka sudah punya pengalaman dan tahu bahwa ada banyak hal lain yang harus dicemaskan. Dani memasuki tikungan dengan cepat di jalur dalam, dan letak kesalahan terbesar ada padanya. Jorge masuk dengan melebar dan harus melihat siapa yang akan datang.

Tapi dengan helm terpasang, Anda tak bisa melihat dengan jelas,” ungkap Dovizioso. ”Saya agak kecewa pada Jorge. Tapi, ia jelas tak tahu rider ketiga (Pedrosa) bakal datang.

Saya sudah bicara dengannya dan kami berada dalam situasi yang tenang. Ia orang yang baik, tapi berada di belakangnya memang bukan perkara mudah. Berdebat ketika Anda tak bisa melakukan apa-apa tak ada gunanya,” imbuhnya. (rtr, H13-47)