Juventus di Ambang Scudetto

TURIN - Kemenangan 3-1 atas Bologna di Allianz Stadium, Minggu (6/5) dini hari WIB, membuat Juventus semakin dekat dengan gelar juara Serie A2018. Tambahan tiga poin ini membuat Bianconeri kokoh di puncak klasemen dengan nilai 91. Meski demikian, pelatih Massimiliano Allegri tidak ingin anak-anak asuhannya terlena di dua laga tersisa. Pasalnya, tim-tim yang mereka hadapi nanti berpeluang menjadi batu sandungan Si Nyonya Tua.

Timtim tersebut adalah AS Roma (14/5) dan Hellas Verona (21/5). ”Kami belum selesai dalam mengejar Scudetto. Kami masih butuh tiga poin lagi dan kami harus meraihnya,” kata Allegri. ”Ini merupakan langkah maju dan satu pertandingan yang kami tahu akan berarti penting. Secara hitung-hitungan kami memang belum memastikannya.

Tapi 70-80 persen sudah menggapainya,” timpal bek senior Juve, Andrea Barzagli. Di pertandingan tersebut, Juventus menunjukkan mentalitas juara. Mereka tertinggal lebih dulu pada menit ke-30 lewat Simone Verdi dari titik putih. Penalti diberikan setelah Daniele Rugani melakukan pelanggaran terhadap Lorenzo Crisetig di kotak terlarang.

Gianluigi Buffon dan kawankawan baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-51 setelah Sebastien De Maio melakukan gol bunuh diri. Setelah itu, Juve mendominasi permainan dan menambah dua gol lagi melalui Sami Khedira menit ke-63 dan Paulo Dybala ke-69. ”Bologna bermain sangat baik malam ini dan bertahan dengan gigih.

Sementara kami menyulitkan diri sendiri dengan sebuah kesalahan yang berujung penalti. Untungnya kami bereaksi,” kata Allegri. Secara khusus, Allegri memberi apresiasi tinggi terhadap Douglas Costa.

Pemain asal Brasil ini diturunkan pada babak kedua dan langsung memberi kontribusi besar terhadap tim. Meski tidak mencetak gol, pemain 27 tahun ini membuat dua assist terhadap gol Khedira dan Dybala. ”Dia adalah salah satu pemain yang bisa membuat perbedaan dan membuat pertandingan jadi terbuka,” tutur Allegri. (rtr, H13-47)