Mendidik Anak Harus Kreatif

PURWOREJO - Mendidik anak khususnya di zaman now harus kreatif. Tidak bisa diperlakukan seperti era dulu yang disiplinnya semimiliter dan lekat dengan hukuman fisik.

Hal tersebut disampaikan Fera Arisatyo Dimyati, aktivis Rumah Pelayanan Psikologi (Sinergi) dan Puspaga Purworejo, saat mejadi narasumber dalam pelatihan parenting di Gedung Aula PKK Purworejo, kemarin.

Sebanyak 50 kader Bina Keluarga Balita (BKB) se-Purworejo mengikuti pelatihan tersebut. Menurutnya, orang tua harus belajar terbuka dan terlebih dahulu mengenali keberadaan diri sendiri. "Baru kemudian memberikan contoh dan suri tauladan kepada anak," katanya.

Jangan sampai anak-anak sekarang yang kritis malah menjadi bingung saat orang tua menyuruh displin, tetapi disuguhi pemandangan dan perilaku orang tua yang jauh dari yang diperintahkan.

Fera pun menekankan tantangan yang berbeda itu memaksa orang tua harus kreatif dalam memberikan pendidikan kepada anak.

Dan keluarga masih dipercaya menjadi unit paling kecil yang sangat berpengaruh membentuk karakter masyarakat dan bangsa.

Ketua Panitia Penyelenggara Rukiana Wahyu Jaka mengatakan, acara tersebut selain untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua serta kader BKB dalam mendidikan anak, juga memepertemukan keinginan dan kepentingan pihak institusi sekolah dan keluarga.

Acara yang mengangkat tema "Generasi Emas Yang Sehat dan Berkarakter" itu berlangsung dalam suasana dialogis.

Banyak pertanyan yang dilontarkan oleh para peserta terkait pendidikan anak. Dalam kesempatan itu juga diselingi pemutaran film pendek yang inspiratif. Salah satu peserta Sofiyatun mengaku senang mengikuti acara tersebut.

Menurutnya, berbagi dan dialog serta bertukar ilmu merupakan cara efektif dan efisien dalam mendidik anak di zaman now yang serba cepat, instan dan individual. (K5-26)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar