Taruna Perhubungan Praktik Kerja di Dishub

KEBUMEN - Sebanyak enam taruna perhubungan dari Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan selama sekitar tiga bulan menjalani praktik kerja profesi (PKP) di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kebumen.

Para taruna perhubungan itu, mulai menjalani PKP sejak 5 Februari hingga 27 April. Adapun tugas dan kegiatan PKP antara lain meningkatkan keselamatan transportasi jalan, aktivasi keselamatan jalan bagi pelajar di sekolah, aksi keselamatan jalan, pembimbingan pelajar pelopor dari Dishub Kebumen, dan Dishub Provinsi Jateng, serta seleksi pelajar pelopor, serta survei manajemen rekayasa lalu lintas. Pelepasan taruna Perhubungan dilakukan Kabid Keselamatan Transportasi Dishub Kebumen Wikan Tris Junanto, baru-baru ini.

Menurut Wikan kemarin, dengan adanya PKP taruna Perhubungan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan diharapkan semakin meningkatkan keselamatan berlalu lintas dengan berbagai kegiatan, melibatkan Satlantas Polres bersama instansi terkait guna mewujudkan keselamatan berlalu lintas.

Ketua Tim PKP Masayu Sylvi menyatakan, selama tiga bulan pihaknya melakukan kajian mengenai pencapaian Pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) dan analisis daerah rawan kecelakaan (DRK). Dari kajian itu dihasilkan rekomendasi dan upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keselamatan transportasi jalan dan pencegahan keselamatan disebabkan faktor manusia, kendaraan, jalan, dan lingkungan.

Implementasikan Ilmu

Dosen pada Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Easty Kartika menambahkan PKP taruna Perhubungan di Kebumen telah banyak melakukan kegiatan dalam mengimplementasikan ilmu di kampus. Bahkan PKP di Kebumen lebih aktif dan lebih majemuk kegiatannya dibanding daerah lain karena kondisi jalan berupa dataran serta pegunungan.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Kebumen, Ipda Junaedi Adil mengatakan, sosialisasi keselamatan jalan dilakukan dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi serta masyarakat. Sosialisasi pada masyarakat telah dilakukan di Balai Desa Sawangan sedangkan sosialisasi bagi PAUD dan TK diberikan di TK Pembina Kebumen.( B3-36)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar