Jogetan Pasar, Ajak Warga Menari sambil Nikmati Jajanan

SUASANA Desa Brondongrejo, Kecamatan Purwodadi, Purworejo terasa beda sejak digelar kegiatan Mingguan bertajuk Jogetan Pasar. Dari gelaran tersebut mengajak warga menari bersama sambil menikmati jajanan pasar.

Memanfaatkan jalan kampung yang tidak seberapa luas, warga perdesaan yang berada sekitar 2 kilometer dari Jalan Raya Purworejo- Yogyakarta itu menyuguhkan beragam hiburan.

Masyarakat dan pengunjung dari luar pun tidak hanya bisa menikmati tarian. Mereka juga diajak menyantap jajanan desa yang dibuat dan dijual oleh warga setempat. Rianto Purnomo, yang menjadi fasilitator kegiatan itu sengaja menumbuhkan kembali kehidupan berkesenian masyarakat seiring pesatnya gempuran modernisasi. Keenganan warga untuk terlibat dengan alasan keterbatasan fasilitas, terus dipupus di Brondongrejo.

Rianto melihat potensi yang ada bisa dikreasikan menjadi sebuah tempat yang menarik. Gayung pun bersambut. Kepala Desa Brondongrejo Kadarno mengemukakan, Jogetan Pasar sengaja digelar di seputaran pasar kaget atau Pasar Inis. Suasana damai perdesaan dalam event berkonsep unik itu kian mengena karena juga berada di sumber mata air Eyang Kenongo.

Sedot Pengunjung

Selain Pasar Inis dan panggung seni, juga dimeriahkan lomba lukis anak serta tembang kenangan. Sejumlah aksi seni menyedot perhatian pengunjung. Antara lain Tari Dolalak Kakung, tarian klasik dari Sanggar Larasati, tari Nusantara dan stand up comedy dari SMK 4, tari kreasi dari TPABrondongrejo, senam inis, beat box dari Jogja dan fashion show batik karya Daymatus Saadah.

Dalam kegiatan yang sekaligus memperingati Hari Tari Dunia itu, pihaknya membuat sajian khusus yakni tari 'Deg' karya Rizka YP dari Bintang Paseban. Tarian ini cukup unik karena penari tidak sekedar menari di atas panggung. Namun mereka juga turun ke sawah dan pasar dadakan itu. Label Festival Inis yang disematkan sesuai dengan topografi desa yang didominasi areal persawahan dan memiliki udara segar. Inis sendiri memiliki arti mencari udara segar di sekitar sawah yang diharapkan bisa menjual Brondongrejo. (Arif Widodo-26)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar