Jumlah Pemilih Pilgub Menurun

PURWOREJO - Jumlah pemilih Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng mengalami penurunan dibanding Pilbup Purworejo 2015, yakni dari 623.126 menjadi 605.345 pemilih.

Anggota komisioner KPU Purworejo Suwardiyo mengatakan, penurunan tersebut karena regulasi yang terbaru, di mana pemilih wajib memiliki E-KTP atau surat keterangan sementara dari Disdukcapil. "Selain itu, dalam proses pencocokan dan penelitian oleh petugas, banyak ditemukan warga yang sudah pindah domisili atau merantau," kata Suwardiyo, kemarin.

Sesuai ketentuan, bagi warga yang tidak mampu menunjukan EKTPatau surat keterangan memang belum bisa langsung menjadi DPT. Dengan demikian, bisa jadi banyak warga yang pindah tempat, kemudian dicoret saat dilakukan pencocokan dan penelitan data. Kendati demikian, pihaknya sampai saat ini masih terus berupaya untuk mendorong masyarakat melakukan perekaman. Dari data yang ada, sebanyak 3.176 warga Purworejo sampai saat ini belum melakukan perekaman KTPElektronik. Sedangkan KPU Purworejo menargetkan 70 persen pemilih menggunakan hak pilihnya pada Pilgub 27 Juni mendatang.

Transparan

Lebih lanjut dikatakan Suwardiyo, jumlah DPT sebanyak 605.345 pemilih terdiri atas pemilih laki-laki berjumlah 300.444 orang dan pemilih perempuan berjumlah 304.901 orang. Adapun dari 16 Kecamatan di Purworejo, Kecamatan Bagelen termasuk paling sedikit yaitu 25.653 pemilih dan yang terbanyak Kecamatan Purworejo dengan jumlah 64.322 pemilih.

Berdasarkan data rekapitulasi tersebut, jumlah jumlah TPS sebanyak 1.729. Pihaknya melaksanakan rekapitulasi DPT secara transparan. KPU akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan hak kepada masyarakat dalam menyalurkan suaranya. DPT pun telah dipasang di setiap balai desa serta lokasi yang digunakan untuk TPS. "Penetapan DPT sudah dilakukan sejak 18 April lalu, kemudian kami usulkan di Provinsi dan disahkan pada 20 April. Kami laksanakan secara transparan, jangan sampai masyarakat terkesan ada kendala ketika mau memilih di TPS," jelasnya. (K5-26)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar