BRI-Bank Jateng Tingkatkan Intermediasi

SM/Fista Novianti : NOTA KESEPAHAMAN : Direktur Utama Bank BRI Suprajarto (kanan) dan Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno usai penandatanganan nota kesepahaman penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan.(18)
SM/Fista Novianti : NOTA KESEPAHAMAN : Direktur Utama Bank BRI Suprajarto (kanan) dan Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno usai penandatanganan nota kesepahaman penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan.(18)

SEMARANG - Bank BRI menjalin kerja sama dengan Bank Jateng untuk meningkatkan intermediasi dan inklusi keuangan. Kemarin, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menandatangani nota kesepahaman penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan di Kantor Pusat Bank Jateng Jalan Pemuda, Semarang.

Suprajarto menuturkan industri perbankan saat ini kian menghadapi tantangan dalam melaksanakan fungsi intermediasi kepada masyarakat. Menurut dia, terjadi pergeseran preferensi masyarakat pada layanan perbankan, dari layanan konvensional menjadi layanan digital yang modern, cepat, aman, dan nyaman.

Pelaku perbankan, lanjut dia, perlu bergerak cepat dan terus berinovasi untuk mendorong perluasan pasar perbankan secara nasional. ”OJK mendorong kerja sama strategis antara Bank BUMN dan BPD (Bank Pembangunan Daerah-Red) sebagaimana yang dilakukan BRI dan Bank Jateng.

Diharapkan terbentuk sinergi penguatan sistem perbankan untuk mengantisipasi persaingan global, penguatan literasi perbankan, serta memperkaya layanan jasa perbankan dan kerjasama lainnya. Kerja sama bakal diperluas lagi dengan BPD lain di seluruh Tanah Air,” tutur dia. Ke depan, ungkap dia, BRI dan Bank Jateng akan memperdalam pasar dan meningkatkan penetrasi bisnis dalam produk perbankan yang siap menunjang kelancaran operasional, salah satu di antaranya penyediaan Cash Management System (CMS) bagi Bank Jateng. ”Kami juga siap membantu BPD meluncurkan kartu kredit dan uang elektronik melalui kerja sama co-branding. Ini salah satu fasilitas yang kami berikan kepada Bank Jateng untuk menyerap potensi pasar di provinsi ini,” jelas Suprajarto.

Beberapa bidang yang dikerjasamakan BRI dan Bank Jateng, kata dia, di antaranya keuangan dan permodalan; subdebt atau instrumen obligasi subordinasi, term loan facility atau fasilitas pinjaman jangka pendek, dan trade finance & international banking services, transaksi perbankan, echannel transaction, co-branding, kartu uang elektronik, dan corporate card. BRI juga memberi kesempatan pertukaran sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan kapasitas berupa pemagangan pegawai, seminar, dan pendidikan di BRI Coporate University.(K14- 18)


Loading...
Komentar